NISSAN GT ACADEMY 2015 DIMULAI DI INDONESIA

28 APRIL 2015 | GENERAL

  • Kompetisi balap yang dimulai  secara virtual untuk mencetak pembalap professional yang sesungguhnya
  • Untuk pertama kalinya, dibuka bagi pencinta Nissan di Indonesia, sekaligus sebagai kesempatan untuk lahirkan pembalap dunia dari Indonesia
  • Enam pemenang dari Indonesia berpeluang rebut gelar juara Nissan GT Academy International Racer di Inggris.

Jakarta, Indonesia (28 April 2015)

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk pertama kalinya ikut berpartisipasi di ajang balap virtual dan nyata Nissan GT Academy. Indonesia akan tergabung dalam Nissan GT Academy Asia, bersama; India, Thailand, Filipina, dan negara asal Nissan dan PlayStation®, Jepang. Ajang GT Academy merupakan kerjasama antara Nissan Global dengan PlayStation®, untuk mencari pembalap virtual Gran Turismo®6 terbaik dan menjadikan mereka sebagai pembalap profesional yang sesungguhnya.

 

Budi Nur Mukmin, General Manager of Marketing Strategy and Product Planning NMI, menjelaskan “Keikutsertaan Indonesia di ajang Nissan GT Academy akan memberikan kesempatan kepada para pencinta  game balap di Indonesia untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang pembalap profesional. Ini adalah kesempatan besar, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa, kami yakin keikutsertaan Indonesia di ajang Nissan GT Academy akan semakin memanaskan persaingan dalam perebutan Gelar Juara Nissan GT Academy International Racer. Kami berharap melalui ajang ini akan lahir pembalap dunia dari Indonesia”

 

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2008, Nissan GT Academy telah mengubah hidup para pemenang dan melahirkan banyak pembalap professional yang telah berlaga di berbagai ajang balap internasional. Pemenang Nissan GT Academy Lucas Ordoñez dan Jann Mardenborough sukses menjadi seorang pembalap profesional, dan akan mewakili Nissan di ajang balap motor sport paling bergensi, Le Mans 24 Hour untuk kelas LM P1. Keberhasilan yang diraih keduanya membuktikan bahwa Nissan GT Academy merupakan ajang yang tepat mewujudkan mimpi menjadi seorang pembalap profesional.

 

Ricardo Sanchez, pemenang International Nissan GT Academy tahun 2014, juga merupakan contoh nyata yang kehidupannya telah berubah berkat ajang Nissan GT Academy. Pada tahun 2015 Ricardo menjadi pembalap Nissan GT-R NISMO GT3 di ajang balap prestisius Blancpain Endurance Series di Eropa. Pembalap yang berasal dari Mexico ini akan mengikuti ajang International GT Academy 2015 untuk berkompetisi dengan para gamers lain dari Australia, Turki, Mesir dan Aljazair.

 

Menjadi bagian dari ajang kompetisi Nissan GT Academy terbesar yang pernah ada, para gamers dari Indonesia akan mengikuti kompetisi virtual dan juga kompetisi balap sesungguhnya. Gamers Indonesia akan bersaing dengan gamers dari 28 negara lain di seluruh dunia yang mengikuti kompetisi Nissan GT Academy International dan Asia tahun 2015. Diperkirakan sebanyak 2,2 juta gamers akan berpartisipasi dalam ajang balap dunia Nissan GT Academy  tahun ini.

 

Di Indonesia, tahap kualifikasi dari Nissan GT Academy secara online akan dilangsungkan pada 21 April hingga 16 Juni 2015. Untuk mengikuti kualifikasi online gamegamers harus terlebih dahulu memiliki permainan Gran Turismo®6 di PlayStation 3. Selain secara online, peminat yang tidak memilki Playstation 3 dapat mengikuti proses kualifikasi secara langsung di berbagai acara roadshow yang digelar dari tanggal 28 April hingga 31 May 2015, di berbagai lokasi berikut:

  • Atrium Mall Taman Anggrek : 28 April – 3 Mei 2015
  • Atrium Mall Kelapa Gading 3: 5 – 10 Mei 2015
  • Rotunda V Walk lt. 3, Ciputra World, Surabaya : 29 – 31 Mei 2015

 

Pada tahap kualifikasi ini, akan dipilih sepuluh pemenang Nissan GT Academy live event dan sepuluh pemenang Nissan GT Academy online competitions. Dua puluh pemenang ini akan berkompetisi pada tahap Nasional Final yang akan diadakan pada 30 Juni – 1 Juli 2015, di Sirkuit Internasional Sentul. Enam orang pemenang dari Nissan GT Academy Indonesia akan melaju ke tahap GT Academy International Race Camp di Silverstone Inggris. Mereka akan bersaing dengan kontestan dari negara lain memperebutkan gelar Juara GT Academy International Racer dan menjadi pembalap profesional Nissan berikutnya.

 

Teddy Irawan selaku Vice President NMI, menjelaskan “Diselenggarakannya kompetisi Nissan GT Academy merupakan wujud dari moto Nissan, yakni “Innovation that Excites. Kami bangga bahwa Nissan merupakan satu-satunya produsen mobil dengan kompetisi balap yang unik seperti ini, dimana pencarian bakat baru didunia motorsport dilakukan melalui kompetisi virtual yang dilanjutkan dengan pembinaan didunia nyata Melalui kampanye #DriveYourDream di ajang ini, kami juga berharap dapat memberikan inspirasi tidak hanya bagi para gamers namun mereka yang bercita-cita menjadi pembalap profesional untuk bersaing di ajang balap internasional dan mengharumkan nama bangsa.”

 

Mengenai ajang balap yang telah mengubah hidupnya ini, atlit NISMO Ricardo Sanchez menceritakan, "Saya selalu bermimpi untuk menjadi seorang pembalap, namun saya tidak memiliki kesempatan untuk mewujudkannya. Hingga saya mengikuti ajang Nissan GT Academy Live Event di pusat perbelanjaan lokal di Meksiko, dan berhasil memenangkannya. Sejak saat itu kehidupan saya berubah menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Dalam hal prestasi, saya pernah merasakan manisnya gelar juara ajang Dubai 24 Hours. Tahun ini, saya akan menghabiskannya sebagai pembalap Nissan GT-R yang akan berkompetisi di Eropa. Saya bersyukur, karir impian saya telah terwujud!”

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Nissan GT Academy Indonesia dan bagaimana cara berpartisipasi, serta jadwal dan lokasi Nissan GT Academy Live Event, silahkan mengunjungi; www.facebook.com/NissanZoneIndonesia; Twitter, IG dan You Tube di NissanID atau di www.NissanGTAcademy.co.id.

- s e l e s a i -

Tentang Nissan GT Academy 2015

Nissan GT Academy adalah kolaborasi antara PlayStation® dan Nissan yang menggunakan dunia maya dari permainan Gran Turismo®6 untuk mencari bakat pembalap tersembunyi. Memasuki tahun ketujuh, ajang GT Academy diselenggarakan secara terpisah di Eropa (Perancis, Italia , Inggris , Jerman , Spanyol , Portugal, Belgia, Belanda, Luksemburg, Hungaria, Polandia dan Republik Ceko), international (Australia , Afrika Utara, Timur Tengah dan Meksiko), dan Asia (India, Thailand, Filipina, Indonesia dan Jepang).

Tahap kualifikasi Nissan GT Academy adalah bagian dari Grand Turismo®6 dalam PlayStation 3 (syarat dan ketentuan berlaku). Gamers tercepat di setiap wilayah yang berpartisipasi mendapatkan kesempatan untuk melaku ke tahap Nasional di wilayah mereka. Sejumlah peserta juga dapat memperoleh kesempatan melalui serangkaian acara Live Event Gran Turismo yang diselenggarakan secara lokal. Pada tahap Nasional Final, Nissan akan menambahkan kemampuan balap, kebugaran, dan elemen media dalam ajang ini.

Setelah melalui tahap Final Nasional, para gamers akan melanjutkan ke tahap Race Camp yang legendaris. Pada tahp ini, para gamers ditantang untuk mengendarai mobil sport Nissan dengan pengawasan dari juri dan mentor berpengalaman. Pemenang dari setiap kompetisi akan mengambil bagian dalam Driver Development Programme. Setelah tahap itu mereka akan mendapatkan lisensi sebagai pembalap internasional untuk bisa mengikuti kompetisi balap bersama Nissan, dan berkesempatan bergabung sebagai Atlit Nissan NISMO.

Pemenang dari Nissan GT Academy sebelumnya, saat ini telah menjadi seorang pembalap sesungguhnya. Pemenang tahun 2015, Jann Mardenborough (Inggris), mengikuti kompetis