Menurut Rifat Sungkar sebagai pembalap tanah air dalam ajang Indonesia eXtreme Offroad Championship (IXOR) 2017, fitur Hill Descent Control sangat membantu demi mendapatkan tingkat keamanan yang maksimal. Pasalnya Hill Descent Control sendiri bekerja sama dengan Traction Control (TC), Anti-lock Braking System (ABS), serta wheel speed sensor yang bertugas untuk mengetahui kecepatan putar ban apakah sesuai dengan sudut turunan di tempat mobil berada. Sementara tujuan utama dari Hill Descent Control adalah untuk mempertahankan kecepatan mobil yang masuk akal dan aman ketika tengah dalam keadaan menuruni bukit. Nah, dengan begitu Anda dapat menuruni bukit dengan aman, Nissan Lovers! Jadi, offroad ke daerah gunung atau perbukitan sudah bukan masalah lagi untuk The All New Nissan Terra.

Cara kerjanya adalah ketika kontur dan permukaan jalan berbukit itu berbeda antara sisi kiri dan kanan, Hill Descent Control ini akan selalu berkomunikasi dengan perangkat ABS dan Active Stability Program agar mendapatkan genggaman yang ideal untuk mobil tersebut sehingga tidak kehilangan traksi atau membuat mobil Anda menjadi tergelincir. Dengan Hill Descent Control, tugas sang pengendara menjadi lebih mudah. Pengendara hanya perlu mengendalikan setir sesuai dengan arah yang dikehendaki karena tekanan pedal gas dan rem secara otomatis diatur komputer mobil. Komputer akan mengatur keempat ban agar tetap mencengkeram jalan dengan baik. Inilah yang disebut dengan fitur 4-wheel yang sengaja disematkan pada The All New Nissan Terra untuk mendukung fitur Hill Descent Control.

Selain itu, Nissan Lovers be calm! Speed bisa disesuaikan dan dibatasi pada kecepatan rendah, untuk menghindari ban slip dan mengurangi kecenderungan untuk lepas kendali. Sistem kerja Hill Descent Control memiliki kecepatan sampai 20 km/jam. Sementara jarak tempuhnya adalah sejauh 7 km setelah penambahan kekuatan dari fitur Hill Descent Control pada produk-produk sebelumnya. So, The All New Nissan Terra terlahir dengan segudang fitur yang membuat Anda selalu berada dalam keadaan aman dan nyaman saat perjalanan. Have fun, guys!