Pindah dari tempat tinggal kampung halaman sebelumnya, entah karena alasan pekerjaan atau karena Anda berkeluarga dan memutuskan untuk tinggal di sebuah kota yang sama sekali baru bagi Anda tentu membuat Anda merasa menjadi buta dan terpencil.

Bagaimana tidak? Anda yang sebelumnya selama ini hapal luar dalam rute yang harus dilalui harus kemana jika membutuhkan sesuatu atau ingin pergi ke sebuah tempat. Kali ini Anda harus mengandalkan informasi peta digital dari internet, yang terkadang kurang tepat dalam memberikan informasi. Apalagi jika Anda juga langsung harus bekerja di kota yang sama. Cara satu-satunya agar Anda bisa cepat mengetahui jalur-jalur menuju tempat tujuan Anda adalah dengan menyediakan waktu kurang lebih 2-3 hari untuk berpetualang dan menghapal jalan di kota yang baru! ☺

Hafalkan Landmark atau Jalan yang Khas.

Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan menghafalkan landmark. Bisa dengan gedung yang memiliki nama cukup unik atau dengan bentuk jalan. Di kota yang cukup besar seperti Surabaya dan Jakarta bisa dengan menggunakan mall atau nama apartemen di sekitarnya. Anda juga bisa menghapal nama jalan-jalan utama di kota baru ini.

Cari Jalur Alternatif

Menggunakan jalan utama pasti jadi pilihan pertama untuk bisa bepergian menuju tempat yang diinginkan. Tetapi tak ada salahnya Anda juga mencari jalur alternatif untuk rencana cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan. Menggunakan jalan alternatif memang lebih cepat dan mudah karena menghindari volume kendaraan yang cukup besar di jalan raya. Namun jika anda langsung menggunakan jalan alternatif pada saat mencari jalan, mungkin Anda akan dikejutkan dengan situasi tak terduga.  Mengapa? Karena jalan alternatif biasanya merupakan jalan kecil yang masuk ke pemukiman penduduk dan banyak belokan yang harus anda lakukan. Bahkan, bisa jadi ada jalan menanjak atau menurun yang harus Anda lalui.

Walaupun belum mengetahui seluk beluk sebuah kota ketika pindah, jangan khawatir, hill start assistance dan hill descent yang dimiliki oleh The All New Nissan Terra bisa membantu Anda.

Saat Anda berada ditanjakan, fitur Hills Start Assist ini membantu mobil Anda berhenti sejenak dan tidak mundur ke belakang sebelum memacu kembali kendaraan. Sedangkan fitur Hill Descent Control berguna untuk mengendalikan kecepatan di turunan dengan mengatur akselerasi dan tekanan rem secara otomatis. Nah, selamat menguasai jalanan di kota baru tempat tinggal Anda ya! ☺