Kemampuan Four-Wheel Drive (4WD) milik The All New Nissan Terra memungkinkan SUV ini mampu menaklukan berbagai karakter jalan, mulai dari aspal hingga medan berat off-road. Sistem part time 4WD terbagi menjadi tiga mode, 2WD, 4H, dan 4LO.

2WD

Bila saklar menunjuk 2WD, maka hanya kedua roda belakang yang bergerak. Di kondisi ini, fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) aktif, berarti traction control bekerja menjaga ban tetap mendapat “cengkraman” terbaik. Bila salah satu dari kedua ban belakang selip, tenaga mesin disalurkan ke ban yang mendapatkan lebih banyak traksi. 2WD cocok untuk jalan aspal dan kering.

4H

The All New Nissan Terra di desain dengan jumlah kursi penumpang lebih banyak, yakni mampu mengangkut 7 orang. Artinya, beban yang dibawa akan lebih berat. Oleh karena itu, kemampuan ini didukung keempat kaki yang bisa bergerak bersamaan dalam sistem gerak 4H.

Cara mengaktifkannya yaitu dengan menggeser saklar ke arah 4H. Transisi dari 2WD ke 4H bisa dilakukan saat mobil berjalan tidak lebih dari 100 kpj. Di mode 4H, transfer case bekerja menyalurkan tenaga dari transmisi ke as roda depan dan belakang. VDC tetap bekerja di mode 4WD, berguna saat melewati jalan rusak, berkerikil, berpasir, atau menanjak sambil membawa beban.

Saat 4H bekerja, tenaga dan torsi bermain di rpm bawah dan disarankan untuk menghindari laju di atas 100 kpj. Implikasinya bisa menyebabkan boros bahan bakar, meningkatkan temperatur oli, suara berisik dari bawah kabin, dan merusak sistem gerak.

4LO

Layaknya model off-road profesional, The All New Nissan Terra punya sistem gerak empat roda untuk kondisi ekstrem, yakni 4LO. Di mode ini, mesin akan mengeluarkan tenaga dan torsi maksimum pada putaran bawah langsung ke semua roda. VDC tidak aktif dengan begitu keempat ban bisa bebas bergerak mencari traksi.

Cara mengaktifkan 4LO yaitu dengan menekan saklar 4WD lalu menggesernya ke lambang 4LO. Transisi dari 4H ke 4LO hanya bisa dilakukan ketika mobil berhenti dan tuas persneling otomatis sedang berada di “N” (netral). Dalam proses perpindahan, indikator di instrument cluster akan berkedip, pastikan mulai berakselerasi saat indikator tak lagi berkedip. Kecepatan maksimal di kondisi ini 50 kpj.