Nissan Lovers, setuju kan jika fitur keselamatan berkendara menjadi fitur wajib untuk berbagai macam kendaraan saat ini. Tentunya Anda ingin Nissan Xtrail yang Anda kendarai mempunyai standar keamanan tersebut.

Jika melihat perkembangan sejarah keselamatan berkendara. Awalnya semua mobil harus mempunyai sabuk keselamatan pada tiap kursi.  Kini dengan perkembangan teknologi yang sangat maju, aspek keselamatan berkendara semakin ditingkatkan. Umumnya mobil yang dibuat sekarang paling tidak memiliki fitur keselamatan standar berupa anti-lock braking system atau ABS.

Pada mobil yang tidak dilengkapi dengan ABS, saat melakukan pengereman mendadak, ban akan berhenti berputar namun kendaraan tetap meluncur dan sering disebut ban terkunci atau selip. Ketika ban mobil mulai tergelincir, pengemudi akan kehilangan kendali bahkan untuk membuatnya berbelok pun susah karena ban kehilangan traksi akibat selip tadi. Selain itu jarak pengereman dari titik pengereman juga menjadi lebih jauh karena kecepatan mobil sebelum mulai menginjak pedal rem, apalagi pada permukaan jalan yang licin saat basah maupun berpasir.

Fitur ABS memanfaatkan unit kontrol elektronik (ECU) yang terhubung dengan sensor kecepatan yang disematkan pada sistem pengereman setiap roda. Ketika sensor mendeteksi salah satu roda berputar lebih lambat dari yang lain dan berpotensi selip, sistem ABS pada unit kontrol hidrolik (HCU) akan melakukan intervensi dan secara sistematis menambah atau mengurangi tekanan pengereman sesuai porsi masing-masing ban.  Secanggih itulah fitur Anti-lock Breaking System yang ada di Nissan SUV lho.

Nissan Xtrail, di satu sisi, selain menambahkan fitur Anti-lock Braking System ini. Juga menambahkan dan memadukannya dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA). Yang kesemuanya akan membuat Anda sebagai pengendaranya akan merasa aman bahkan dari pertama kali mulai menjalankan kendaraan Nissan Xtrail milik Anda.

Nah, itu baru kita bahas mengenai fitur dari Nissan SUV yang sudah ada. Apakah Anda tahu jika sebentar lagi Nissan akan meluncurkan Nissan Terra? Jika pendahulunya saja sudah secanggih ini fiturnya, tentunya kita bisa mengharapkan lebih ya dari New Nissan Terrano dari Nissan ini :)

Jadi, nantikan Peluncuran Nissan Terra di Indonesia ya Nissan Lovers!