Memilih kendaraan merupakan hal yang tidak dapat dilakukan secara sembarangan, terupama itu diperuntukkan bagi keluarga. Anda memerlukan tips memilih kendaraan untuk keluarga agar tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, mobil keluarga atau biasa disebut dengan istilah mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak, kapasitas menampung penumpang yang banyak seringkali menjadi salah satu alasannya. Selain itu, ruang kabin yang juga luas membuat mobil jenis ini lebih fungsional. Nah, berikut ini tips memilih kendaraan untuk keluarga berdasarkan beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Jumlah penumpang

Pertimbangan paling utama dalam memilih kendaraan untuk keluarga ialah jumlah tempat duduk dalam sebuah mobil. Kendaraan tersebut harus memiliki kemampuan untuk menampung anggota keluarga yang ada. Perimbangkan juga tempat duduk tambahan misalnya untuk pengasuh atau pembantu jika Anda diharuskan mengajak mereka saat bepergian.

2. Tentukan kapasitas mesin

Perlu Anda ketahui, biasanya kapasitas mesin dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin. Misalnya saja 1000 cc, 1100 cc, 1300 cc, dan seterusnya. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin, maka akan semakin besar pula tenaga yang dihasilkan mobil tersebut.

3. Pertimbangkan sistem transmisi

Pada mobil, umumnya ada dua jenis sistem transmisi, yakni transmisi manual dan otomatis. Tujuannya yaitu agar Anda bisa memilih jenis mobil, di antaranya mobil matic yang lebih mudah dioperasikan namun sedikit mahal atau mobil manual yang lebih murah dan mudah perawatannya.

4. Konsumsi bahan bakar harus diketahui

Biaya bahan bakar merupakan pos pengeluaran utama terkait operasional sebuah mobil. Namun, Anda bisa menekan biaya terbut dengan cara mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil dalam setiap liter bahan bakar yang dihabiskan. Semakin jauh jarak yang ditempuh per liter bahan bakar yang dikonsumsinya, maka semakin irit mobil tersebut.

5. Pertimbangkan mengenai fitur keselamatan

Hal ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan untuk melindungi keluarga Anda dari kemungkinan buruk. Fitur-fitur keselamatn tersebut meliputi seat belt (sabuk pengaman), serta kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis. Namun, beberapa mobil yang ada saat ini nyatanya sudah memiliki fitur keamanan yang lebih canggih berupa airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system).

6. Perhatikan kenyamanan

Sebelum Anda memilih sebuah mobil untuk keluarga, perhatikan kenyamanannya terlebih dahulu. Mobil itu bisa disebut nyaman jika memenuhi beberapa hal seperti tempat duduk empuk, AC yang sejuk, ruang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

7. Melakukan test drive

Sebelum membeli, Anda harus mencoba mengendarai mobil itu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mobil yang Anda pilih telah memenuhi kriteria yang diinginkan. Ajaklah anggota keluarga Anda agar bisa memastikan mereka juga suka dengan mobil yang Anda minati.