Pencurian kendaraan masih marak terjadi di Indonesia. Karena itu, GPS tracker bisa jadi solusinya. Pemasangan GPS Tracker pada mobil atau motor bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemalingan, penipuan, mobil dibawa kabur, atau bahkan penyalahgunaan kendaraan.

Sebuah alat tentunya akan berguna ketika sudah memiliki fungsi dan peranan yang baik. Karena itu, apakah Anda tahu seberapa penting kegunaan GPS tracker untuk kendaraan Anda? Nah, berikut ini akan dibahas 5 fungsi penting yang bisa Anda manfaatkan dari penggunaan GPS tracker.

1. Mengantisipasi pencurian

Fungsi utama GPS untuk kendaraan pribadi ialah untuk mengantisipasi pencurian. Dengan menggunakan GPS, Anda dapat melakukan pelacakan secara langsung sehingga bisa dengan mudah mengetahui keberadaan lokasi dari mobil Anda secara akurat.

Bukan hanya itu, dengan menggunakan GPS, Anda juga dapat dengan mudah mematikan mesin mobil hanya dengan menggunakan SMS walaupun itu dilakukan dalam jarak jauh. Akan tetapi, keunggulan yang sangat baik ini hanya dapat dirasakan oleh merk mobil tertentu saja.

2. Melakukan Monitoring Suara / Penyadapan

Fungsi GPS tracker selain untuk melakukan pelacakan juga bisa berguna sebagai alat penyadap. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa mendengarkan percakapan yang sedang berlangsung di dalam kabin kendaraan secara realtime.

Caranya yaitu Anda hanya perlu menelepon GPS tracker dengan nomor yang sudah didaftarkan menjadi admin otomatis. GPS tracker akan mengangkat dan Anda bisa langsung mendengarkan percakapan yang sedang berlangsung.

3. Mengatur jadwal

Fungsi lainnya dari GPS tracker yaitu dapat digunakan untuk mengatur jadwal. Jadwal di sini maksudnya ialah jadwal kendaraan Anda. Hal ini tentunya mempermudah Anda yang memiliki usaha jasa rental mobil.

4. Melihat Histori Perjalanan

Dengan menggunakan GPS tracker, Anda dapat mengetahui histori perjalanan dari kendaraan Anda, walaupun tidak sedang mengemudikannya sendiri atau sedang di bawa oleh orang lain. Hal ini sangat mempermudah Anda yang juga memiliki usaha sewa/rental mobil.

5. Mengungkap Perselingkuhan

Inilah yang paling populer dari fungsi GPS tracker. Kejadian perselingkuhan yang bisa terungkap. GPS tracker mampu melacak keberadaan lokasi kendaraan secara online dan mampu melihat waktu berhenti serta lokasi dimana saja kendaraan tersebut berhenti.

Itulah beberapa fungsi dari GPS tracker yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memasangnya di kendaraan pribadi demi keamanan dan kenyaman.