Kendaraan yang kamu pakai biasanya menjadi penting untuk mobilitas sehari-hari, seperti pergi ketempat kerja atau jalan-jalan saat weekend. Agar kendaraan yang kamu miliki selalu nyaman dan amansaat dipakai, perlu dilakukan perawatan berkala lho mulai dari mengganti oli hingga mengganti sukucadang yang sudah aus atau rusak.

Pastikan suku cadang berikut ini tersedia selalu karena memiliki usia pakai relatif cepat dan wajib digantisecara berkala.

1. Aki

Aki merupakan bagian penting kendaraan. Pasokan listrik dari aki mampu membuat seluruh fungsikendaraan bekerja normal. Saat aki sudah memasuki usia pakai, biasanya 2 atau 3 tahun. Bisa juga saattimbul masalah kelistrikan seperti jarang digunakan atau digunakan dengan tambahan aksesori berlebihsehingga dayanya berkurang, sebaiknya segera ganti aki.

2. Ban

Ban pada kendaraan jadi komponen yang sering diganti karena faktor eksternal dan internal. Faktoreksternal adalah kondisi jalan atau hobi pengemudi menghantam jalan rusak, serta kerusakan daribenda-benda di jalan seperti paku dan sekrup yang tidak dapat diperbaiki. Kondisi internal adalahkekurangan tekanan atau kelebihan tekanan udara yang tidak disadari oleh pengemudi. Ban biasanya 40.000 km atau dalam tiga tahun pemakaian.

3. Kanvas Rem dan bagian kaki kendaraan

Fungsi pengeraman tidak bisa dipandang enteng. Penggunaan kendaraan sehari-hari ditambah kondisi berkendara di kota yang didominasi stop and go membuat kanvas rem bekerja keras. Penggantiankomponen ini biasanya disesuaikan dengan waktu pemeriksaan rutin kendaraan atau setiap 20.000 km sekali pemeriksaan. Bagian kaki kendaran juga perlu diperiksa dan memiliki usia pakai pendek. Bagian seperti tie rod, suspensi dan bushing rentan rusak karena jalanan yang dilalui. Komponen ini wajib ganti saat terjadi masalah.

4. Busi

Alat ini berguna untuk memantikkan api agar pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Jika kondisi busisudah kotor dan perlu dilakukan penggantian sebaiknya segera ganti dan jangan membersihkan.Penggantian busi biasanya dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 km dan 50.000 km.

Untuk kamu pengguna mobi Nissan, tentunya tidak perlu khawatir dengan ketersediaan suku cadang-suku cadang yang diperlukan ini. Soalnya, adanya garansi tersedia dalam 24 jam serta jaminan asli dariNissan bisa membuat kamu tenang berkendara kemanapun