Menyalurkan tenaga ke transmisi adalah tugas dari kopling di sistem kerja mesin. Pada mobil transmisi manual, kopling sendiri terbagi dalam empat komponen pentin, yakni  flywheel, clutch disc, cover clutch, dan release bearing. Jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut maka tidak ada cara lain kecuali membongkarnya.

Karena kopling menjadi salah satu komponen penting untuk dikenali, jangan sampai habis atau rusak, karena pasti akan bikin pusing kepala. Nah, agar kesulitan itu tidak menjangkit, ada baiknya Anda mengenali gejala-gejala pada komponen tersebut. Kerusakan pada kopling bisa dideteksi sebagai langkah awal persiapan mencegah terjadi kerusakan yang lebih besar, dan ujungnya ongkos perbaikan mahal.

Cukup sensitif terhadap kendaraan sendiri memang lebih banyak keuntungannya ketimbang cuek, karena kerusakan bisa dideteksi sedini mungkin. Sehingga bisa mengantisipasi dan langsung melakukan upaya pengecekan atau perbaikan. Setidaknya ada tiga gejala yang bisa dirasakan ketika kopling mengalami gangguan.

Pertama, gejala yang bisa langsung terasa adalah ketika pedal kopling terasa lebih keras ketika ditekan. Situasi ini mudah dikenali jika memang keseharian Anda mengendarai kendaraan itu sendiri.

Kedua, hilangnya tenaga. Jadi, kondisi ini terjadi ketika transmisi sudah dimasukkan ke gigi satu, kemudian kopling diangkat setengah atau lebih, kemudian gas tidak ditekan mobil tidak berjalan. Sebab biasanya, ketika kopling diangkat setengah tanpa gas harus ditekan, mobil sudah bisa berjalan. Namun ketika kopling mulai bermasalah, mobil tidak berjalan.

Ketiga, hilangnya free play kopling. Ini berarti kopling harus dilepas lebih tinggi dari semestinya, biasanya pada kondisi normal di mana freeplay masih belum hilang, kopling tidak perlu diangkat terlalu tinggi untuk bisa berjalan.

Oleh karena itu, ketika salah satu kondisi yang disebutkan di atas sudah Anda rasakan, maka sebaiknya periksakan kendaraan, daripada nantinya Anda harus mengeluarkan dana lebih besar untuk mengganti set kopling. Pasalnya, jika sudah parah dan arus menganti seluruh komponen kopling, biayanya bisa mencapai 2,1 juta.