Saat ini produsen ban sudah mengeluarkan produk yang di desain khusus untuk mobil tertentu. Jangan sampai mobil kesayangan Asalah memilih ban karena dapat berakibat fatal.

Di Indonesia, mobil yang cukup laris merupakan mobil dengan gaya sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV). Untuk jenis SUV sendiri, sudahtahukah Anda bahwa sebentar lagi akan ada peluncuran Nissan Terra Indonesia. Mobil tersebut adalh penerus Nissan Terrano yang sudah lebih dulu launching ke tengah-tengah masyarakat.

Lantas adakah perbedaan ketika memilih ban untuk mobil SUV dan MPV?

Kebanyakan mobil SUV bodinya lebih berat dari MPV. Beratnya pun beda-beda sekitar 0,5—1 ton. Untuk itu, load index harus diperhatikan. Pasalnya, jika load index tidak sesuai, efeknya ban bisa meledak karena kelebihan beban.

Kekuatan load index ini ditentukan oleh berbagai hal, mulai dari kerangka ban, struktur ban, campuran material, dan berbagai hal lainnya. Load Index bisa dilihat dari kode ban yang posisinya berada di dinding ban.

Selain itu, ukuran ban di setiap mobil juga berbeda-beda. Jika ukuran ban salah pilih maka bisa berakibat ban mentok dengan fender mobil. Jika di zaman dahulu ukuran ban hanya 1—2 macam saja, maka sekarang sudah dibuat spesifik. Ukurannya sudah terpisah antara mobil SUV atau model lainnya.

Perbedaan yang bisa mudah dilihat dari kembangan yang digunakan. Mobil SUV dan MPV memiliki peruntukan yang berbeda, sehingga kembangan pun disesuaikan.

Ban untuk MPV biasanya dibuat lebih rapat kembangannya. Sedangkan untuk mobil SUV dibuat sedikit lebih kasar karena mobil dengan jenis tersebut memiliki kemampuan untuk offroad.

Nah sudah tahukan perbedaanya? Jadi jangan sampai salah pilih ban lagi.