1

Suspensi The All New Nissan Terra berhubungan langsung dengan shockbreaker. Secara Fisis, banyak pengetahuan yang telah diperbarui. Anda juga wajib tahu 4 rahasia menjaga kenyamanan suspensi mobil Anda. Check it out!

1. Shockbreaker

Peranti ini bertugas untuk meredam guncangan di saat mobil melaju dan melibas berbagai kondisi lintasan. Shockbreaker yang terbuat dari baja itu bertugas membantu pegas atau per untuk menopang bobot mobil berikut muatan yang diangkutnya.

Bila sering menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan shockbreaker akan berkurang dan lemah. Bila hal itu terjadi, maka mobil akan terasa limbung saat dikendarai terutama saat melaju kencang. Salah satu upaya pencegahannya adalah usahakan rajin membersihkan kotoran yang menempel di kisi-kisi karena akan mempercepat keausan piston shockbreaker.

2. Bushing Arm

Komponen ini berupa karet suspensi yang terletak di titik tumpu antara roda dan lengan pencengkeramnya. Bushing bertugas meredam getaran pada sambungan antar komponen suspensi dari logam tersebut. Kerusakan pada bushing tidak hanya menyebabkan suara berisik tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengendalian mobil.

3. Tierod-Balljoint

Tierod, end tierod dan balljoint dibuat dari bahan logam yang memiliki fungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Sedangkan balljoint berguna untuk menopang knuckle arm.

Anda bisa melakukan pengecekan kondisi komponen ini di rumah. Caranya, dongkrak roda bagian depan dan mintalah bantuan orang lain untuk menahan kemudi agar roda tidak bergerak, lalu goyang-goyang roda kearah dalam dan keluar secara bergantian beberapa kali.

Bila terasa seperti ada guncangan tidak stabil berarti komponen tersebut bermasalah. Upayakan setiap kali mencuci mobil, semprotlah bagian yang berkaitan dengan peranti tersebut dengan tekanan air tinggi.

4. Lakukan Spooring Balancing

Selain melakukan pencegahan dan perawatan komponen suspensi, satu hal yang juga harus Anda lakukan adalah melakukan spooring balancing roda mobil.

Fungsi spooring dan balancing adalah menjaga kestabilan roda mobil. Bila roda stabil dan seimbang di keempat bagian maka beban yang harus disanggah oleh komponen suspensi juga seimbang dan sesuai dengan porsinya. Bila hal itu terjadi, maka kemungkinan komponen bermasalah juga kecil.

Dari keempat masalah tersebut, upaya nomor satu yang harus dilakukan adalah kurangi kecepatan saat melewati jalan berlubang dan hindari membawa beban yang berlebihan, tak terkecuali untuk The All New Nissan Terra sebagai keluaran pabrik Nissan terbaru 2018.