Ban merupakan komponen penting untuk kendaraan. Tanpa adanya ban, kendaraan tentu saja tak akan bisa bergerak. Seiring waktu, ban akan mengalami masa keausan atau habis usia pakainya sehingga tak layak pakai. Lantas bagaimana cara mengetahui waktu yang tepat untuk penggantian ban?

Jika ban sudah memasuki masa keausan, memaksakan berkendara dengan kondisi seperti itu sangat berisiko menyebabkan insiden yang tak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas.

Memang, dalam kondisi tertentu ban yang alurnya masih bagus belum tentu layak untuk dipakai. Terdapat faktor-faktor yang menentukan ban harus segera diganti.

Pertama adalah kondisi keseluruhan ban, cobalah pastikan tidak ada benjolan, robek ataupun kecacatan baik pada tapak maupun dinding ban. Jika Anda menemukan kecacatan di dinding ban, maka sudah dipastikan Anda harus menggantinya lantaran kondisi tersebut tak dapat diperbaiki.

Selanjutnya adalah memeriksa kondisi tapak ban. Ya, ban baru tentunya akan memperlihatkan pola tapak yang sangat jelas. Untuk mengetahui masa keausan ban tersebut, Anda dapat melihat dari tread wear indicator atau indikator masa pakai tapak ban yang terletak di sela-sela alur.

Jika tinggi permukaan tapak sudah sama dengan indikator ini, Anda berarti harus segera mengganti ban tersebut.

Cara lain untuk mengetahui kondisi ban adalah ketika mengendarainya. Jika dirasakan ada gejala seperti perjalanan yang tak rata, mobil berjalan tidak lurus dengan sedirinya, atau ada getaran dari kemudi, besar kemungkinan ban Anda bermasalah atau habis masa pakainya.

Di peluncuran Nissan Terra Indonesia Agustus mendatang, Anda bisa mempraktikkan tips di atas pada mobil jenis SUV penerus Nissan Terrano itu. Jadi, siapkan diri Anda, ya!