Sebentar lagi, akan ada peluncuran Nissan Terra Indonesia di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.Siapkan diri Anda untuk menyaksikan kegagahan dari mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu.

SUV menjadi salah satu mobil terfavorit. Ada begitu banyak pilihan aksesoris untuk mobil tipe tersebut. Dalam hal ini, eksterior menjadi bagian paling penting dari SUV Anda. Jika tak terlalu peduli dengan aksesoris branded, maka ada alternatif lain, yakni aksesori yang memiliki harga lebih terjangkau, maka SUV tampil modis dengan budget ekonomis.

Kini banyak aksesoris buatan lokal atau lebih baiknya lagi Anda menggunakan aksesoris yang juga dijual oleh Nissan yang kualitasnya bagus dengan harga yang lebih terjangkau.

Mulai dari untuk tampilan hingga dipakai offroad, kualitasnya sudah teruji. Selain itu, pemasangan aksesori ini rata-rata sudah menganut konstruksi bolt-on alias tanpa merubah bodi. Untuk itu, berikut ini ada beberapa panduan tentang pilihan aksesori alternatif yang memiliki harga terjangkau.

Bumper

Banyak pilihan untuk bumper SUV dan tersedia material aluminium alloy atau baja. Modelnya beragam, mulai dari minimalis, tersedia pula model dengan tempat untuk winch, lampu tambahan hingga high lift jack. Harganya bervariasi, mulai dari Rp3,5 hingga 6 juta.

Tak hanya untuk bumper depan, bumper belakang pun tersedia. Desainnya bervariasi dari yang minimalis hingga berikut dudukan tire hanger atau jerry can. Selain bumper, aplikasi overfender juga mampu membuat tampilan lebih maskulin.

Desain overfender juga sangat bervariasi, mulai dari tipis hingga desain ala bolt-on dengan baut rivet. Bahannya sendiri menggunakan fiberglass atau plastik ABS yang harganya pun bervariasi, mulai dari Rp2 hingga 4 jutaan.

Sokbreker

alternatifPenggantian sokbreker standar tipe oli dengan sokbreker tipe gas bertujuan untuk mendapatkan peredaman lebih baik serta menunjang sektor estetikanya. Di pasaran terdapat beberapa merek sokbreker aftermarket tipe gas. Harganya sendiri berkisar Rp1,5 sampai 3 juta sepasang.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan panjang sokbreker. Jika panjang maksimum sokbreker lebih panjang ketimbang standar, maka daya redam sokbreker jadi lebih berkurang, lantaran jarak main yang terlalu panjang. Sementara jika lebih pendek, maka membuat jarak main (travel) sokbreker terbatas.

Roof rack

Roof rack sangat berguna bagi yang ingin membawa barang lebih banyak. Pilihannya pun beragam, mulai dari sekedar roff rack sederhana hingga berukuran besar, tersedia material plastik dan aluminium. Harganya mulai dari Rp2 jutaan. Jika yang hobi ekspedisi, tersedia model dengan dudukan lampu sorot tambahan.

Body wrap

Khusus untuk yang ingin tampil ciamik tapi tak ingin mengganti cat standar, maka langkah body wrap dapat ditempuh. Pilihan warnanya sangat beragam, mulai dari warna dof sampai motif camouflage. Biaya untuk body wrap berkisar Rp3,5 juta sampai Rp5 juta dengan lama pengerjaan sekitar 2 hari.

Jika Anda berniat meng-upgrade SUV yang sudah ada, maka siapkan diri Anda untuk peluncuran Nissan Terra Indonesia pada Agustus 2018 mendatang. Penasaran seperti apa? Tunggu kehadirannya, ya!