Kebanyakan pengguna mobil mengira kalau seatbelt saja sudah cukup untuk menjaga keselamatan saat terjadi benturan keras. Jadi, tidak heran bila sebagian Nissan Lovers menganggap spesifikasi mobil airbag digadang sebagai fitur keselamatan. Pada kenyataannya, airbag adalah salah satu fitur keselamatan berkendara yang sangat membantu mencegah penumpang ketika terjadi kecelakaan.

air bag

Sistem bekerja airbag adalah ketika terjadi tabrakan keras terdeteksi, sensor mobil langsung mengirimkan sinyal supaya airbag mengembang. Airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. Tanpa airbag sebagai bantalan, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt berpotensi mengakibatkan cedera pada leher dan dada.

Posisi airbag itu sendiri tergantung tipe mobilnya, ada yang hanya terpasang di bagian depan (pengemudi dan asisten) dan ada juga yang terpasang sampai ke bagian penumpang (front, side, dan curtain airbag) seperti Nissan Serena.

Ada hal-hal  yang membingungkan terkait airbag sehingga menimbulkan beberapa pertanyaann berikut:

“Apakah airbag yang mengembang akan menghalangi pernafasan saya?”

Tidak. Airbag dirancang sedemikian rupa serta diuji untuk memastikan keamanannya saat digunakan. Perlu Anda ketahui, material yang digunakan untuk airbag adalah nilon tipis dengan lubang-lubang kecil. Dari lubang inilah, gas yang menyebabkan airbag mengembang akan keluar dan airbag akan mengempis perlahan.

 “Ada lubang pada bagian airbag. Bila gas Nitrogen keluar dari lubang tersebut apakah dapat berbahaya?”

Jangan takut, airbag mengembang karena adanya gas Nitrogen yang ditiupkan ke kantong udara dari kain nilon tipis. Udara yang kita hirup 78% mengandung gas Nitrogen. Jadi, gas ini aman terhirup.

“Ada asap saat airbag berkembang. Apakah ini wajar?”

Bila Nissan Lovers melihat awan asap memenuhi mobil, jangan panik dulu. Awan asap itu sebenarnya adalah tepung jagung atau bedak talkum yang digunakan untuk mencegah airbag lengket ketika masih dalam kondisi terlipat. Sangat berbahaya bila airbag lengket ketika ada kecelakaan.

Kini, Nissan Lovers sudah tahu bagaimana pentingnya kehadiran airbag. Dalam perjalanan selalu ada hal-hal tak terduga yang bisa saja terjadi, jadi pastikan Anda selalu merasa aman dan nyaman saat berkendara dengan memilih mobil yang dilengkapi airbag