Dominasi pemilik kendaraan di kota-kota besar sudah banyak beralih kepada generasi penerus diantaranya mahasiswa, pengusaha muda, serta pendatang baru disetiap sudut Metropolitan. Cenderung sederet daftar tersebut disebut pemula. Biasanya pengendara pemula kurang paham dimana letak kerusakan pada mobil. Kebanyakan menyepelekan hal-hal kecil tak terduga yang dapat menyebabkan kecelakaan. Ternyata kerusakan dapat dideteksi dari kondisi ban aus loh, Nissan Lovers. Yuk, check it up:

Ban Aus Sebelah Dalam atau Luar

Penyebab utama ban aus pada bagian ini adalah karena dipengaruhi oleh gaya pengendara yang sering berbelok dengan kecepatan tinggi. Penyebab lain adalah karena terdapat kelonggaran yang berlebih pada sistem suspensi mobil. Nah, keausan ini menyebabkan kesalahan pada sudut camber. Camber cenderung negatif jika ban aus mengalami kerusakan pada bagian dalam atau luar.

Ban Aus Bagian Tepi atau Tengah

Nissan Lovers, yuk amati kondisi ulir pada ban mobil Anda. Keadaan ban aus pada bagian tepi atau tengah disebabkan oleh tekanan udara dalam roda yang tidak sesuai dengan standar dari  pabrik. Aus pada bagian tepi disebabkan karena tekanan ban yang terlalu rendah atau ban dalam kondisi kurang angin sehingga setiap sisi tepi bersentuhan langsung dengan jalan. Sedangkan aus pada bagian tengah disebabkan karena tekanan ban yang terlalu tinggi atau ban dalam kondisi kelebihan angin sehingga sisi tengah yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Aus Toe dan Heel (Motif Tampak Terangkat)

Hal lain yang perlu diamati adalah kondisi permukaan ulir ban Anda khususnya di bagian ban yang bukan penggerak. Bila kondisi ulir ban tersebut terangkat berarti disebabkan oleh pengendara yang sering melakukan rem berulang-ulang secara cepat dalam jarak pendek. Terutama  pada jalan yang mengalami kerusakan atau sedang dalam perbaikan. Penyebab lainnya adalah suspensi yang mengalami bushing, ball joints yang kurang sempurna pemasangannya atau bearing roda yang tidak dalam kondisi prima.

Aus Spot (Lekukan)

Aus pada bagian ini membentuk lekukan di pinggir roda yang menyerupai mangkuk. hal ini disebabkan tapak roda yang mengalami selip pada interval yang teratur. Kondisi tersebut dikarenakan bearing roda, ball joint, tie rod end atau bagian lainnya yang berkaitan langsung dengan perputaran roda mengalami kerusakan sehingga membuat ban oleng pada titik tertentu.

Aus Berbulu

Untuk mengetahui keausan ban jenis ini, Anda tidak hanya perlu mengamati. Anda perlu meraba permukaan ban mobil Anda. Usapkan tangan pada tapak roda dari bagian dalam keluar. Jika Nissan Lovers merasakan permukaan ban seperti bulu, maka ada masalah pada toe in. Kondisi toe in yang terlalu besar menyebabkan roda selip keluar dan menggesek bidang tapak bagian dalam ke permukaan jalan.