Nissan Berbagi Keterampilan & Donasi Melalui “Employee Volunteer Day” di Banten

Tangerang, 29 Juni 2016

  • Komitmen Nissan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia melalui sektor humanitarian.
  • Karyawan Nissan mengajae, berbagi ilmu, bercerita, membagikan buku bacaan anak dan menyalurkan bantuan sembako bagi warga Mauk, Banten.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dan Habitat for Humanity Indonesia pada hari ini kembali mengadakan kegiatan CSR di Desa Gunungsari, Mauk, Banten, yang merupakan wilayah binaan NMI dan HFH Indonesia sejak tahun 2015. Kegiatan sosial "Employee Volunteer Day 2016” ini melibatkan karyawan NMI dan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, khususnya warga yang rumahnya telah dibangun oleh NMI. Program volunteer terdiri dari kelas memasak, menganyam ketupat, kelas bercerita dan juga berbagi buku bacaan anak dan penyaluran bantuan sembako untuk Lebaran.   

Hana Maharani, Head of Communications NMI, mengatakan, “Sejalan dengan visi Nissan untuk meningkatkan kualitas hidup di masyarakat di mana Nissan beroperasi, kami ingin memberikan kontribusi sosial yang berkelanjutan melalui berbagai kegiatan CSR. Bantuan kepada sesama tidak harus berupa materi, tapi juga dapat diwujudkan dalam bentuk berbagi ilmu dan menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan sosial. Oleh karena itu, telah menjadi kegiatan rutin di NMI untuk mendorong karyawan berperan serta aktif dan berkontribusi dalam kegiatan volunteer”.   

“Employee Volunteer Day 2016” adalah kegiatan volunteer karyawan kedua, setelah sebelumnya dilakukan tahun 2015 lalu, di mana saat itu karyawan NMI terlibat dalam pembangunan rumah, menyiapkan fondasi dan juga mengecat dinding di Desa Gunungsari, Mauk, Banten. Hingga akhir tahun 2015, NMI menyelesaikan pembangunan 42 rumah baru, perbaikan dua fasilitas pendidikan dan pembangunan satu sekolah (Pendidikan Anak Usia Dini), pembangunan 3 fasilitas air dengan akses jalan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, renovasi 1 toilet umum, pembangunan sistem drainase sepanjang 300 m dan sistem air bersih untuk sekitar 100 keluarga.  

Dalam “Employee Volunteer Day 2016”, NMI menggelar beberapa aktivitas yang melibatkan warga, terutama mereka yang menerima bantuan rumah layak huni. NMI memboyong mobil perpustakaan Datsun Rising Hope yang bekerja sama dengan Yayasan 1001 Buku untuk menyediakan akses untuk buku bacaan yang berkualitas dan kegiatan storytelling untuk sekitar 50 anak-anak di dua sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Gunungsari.  

Selain itu, bagi para Ibu, karyawan NMI yang memiliki keterampilan memasak berbagi ilmunya melalui kelas memasak. Dari kegiatan ini diharapkan para ibu memiliki ketrampilan yang dapat membantu mereka untuk meningkatkan taraf perekonomian keluarga di masa depan. Sebagai bentuk kebersamaan menyambut hari kemenangan, para volunteer pun terlibat dalam kegiatan menganyam ketupat Lebaran.  

Habitat for Humanity Indonesia mendukung konsistensi Nissan dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi warga Desa Gunungsari, pasca pembangunan rumah layak huni. Communications Manager, Habitat for Humanity Indonesia, Bagus Dharmawan mengatakan, “Sebagai lembaga kemanusiaan yang melibatkan partisipasi warga dalam setiap programnya, Habitat for Humanity Indonesia melihat warga Desa Gunungsari, Mauk memiliki motivasi yang tinggi dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.”  

“Selama ini mereka terkendala dengan hidup dalam kemiskinan dan terpaksa tinggal di rumah-rumah rusak dan lapuk. Namun, sekarang mereka sudah tinggal di rumah yang layak, melalui program kerja sama Habitat for Humanity dan NMI. Rumah layak memberi potensi perbaikan kesejahteraan bagi keluarga-keluarga ini. NMI bisa mencermati perkembangan ini dan semoga bisa terus meningkatkan kepeduliannya sehingga masa depan warga semakin cerah,” tambah Bagus Dharmawan.  

Mengacu pada studi UNDP, bahwa rumah layak huni memberikan ruang gerak bagi pertumbuhan industri skala rumah tangga, sehingga keluarga bisa memperoleh penghasilan baru. Untuk itu, Habitat for Humanity Indonesia dan NMI terus bekerja sama guna mengembangkan kehidupan keluarga-keluarga di Desa Gunungsari supaya mengalami perbaikan taraf hidup yang lebih baik.  

Di penghujung acara yang mendidik sekaligus menghibur ini, NMI menyediakan paket buka puasa bersama untuk 300 warga Gunungsari, donasi 55 paket peralatan sekolah untuk siswa PAUD dan donasi paket hari raya untuk 70 keluarga yang membutuhkan.  

"Di bulan suci ini, kami ingin berbagi kepada masyarakat Desa Gunungsari, Mauk, Tangerang. Keceriaan Ramadhan bersama mereka adalah pengalaman yang berharga. Kami berharap aktivitas ini dapat memudahkan mereka untuk mempersiapkan kebutuhan menjelang hari Raya Idul Fitri,” tutup Hana.