Nissan di Jepang targetkan 10% posisi manajerial ditempati oleh karyawan perempuan pada April 2017.

06 April 2017

Yokohama, Jepang (3 April 2017) – Nissan Motor Co., Ltd. mendapat predikatmerek ‘Nadeshiko’ oleh Bursa Efek Tokyo berkat upayanya mendukung perempuandi tempat kerja, yang hingga kini telah berhasil meningkatkan jumlah jajaranmanajer perempuan di perusahaan.Ini adalah pengakuan yang diterima Nissan Motor Co., Ltd. selama lima tahunberturut-turut. Di April 2016, tercatat 9,1% karyawan perempuan Nissan Jepangberada di level manajer, naik dari 1,6% pada tahun 2004; ketika itu, Nissan barusaja membuka Diversity Development Office. Rasio ini diperkirakan akan meningkatmenjadi 10% pada April 2017.Penghargaan ‘Nadeshiko’ – sebutan ini berasal dari bunga yang melambangkankekuatan dan pemberdayaan perempuan di Jepang – merupakan bagian dari upayabersama Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang demimeningkatkan lingkungan kerja yang ramah bagi perempuan.

 

Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, mengatakan di Nissan Motor Indonesia pun, jumlah karyawan perempuan yang menduduki posisi manajerial semakin banyak; saat ini tercatat 11% dari posisi manajer ditempati oleh perempuan. “Selain itu, Nissan Motor Indonesia juga memberikan perhatian akan keseimbangan waktu kerja karyawan di kantor dan di rumah. Sejak 2016, kami memiliki program yang ditujukan bagi karyawan non-pabrik, yaitu “Flexi Time” – menganjurkan karyawan untuk bekerja lebih efektif selama 8 jam, “Work at Anywhere” – memudahkan karyawan untuk menyeimbangkan kehidupan kantor
dengan pribadi, serta “Casual Day” – memperbolehkan karyawan mengenakan baju kasual di kantor,” tutup Hana.

Bursa Efek Tokyo menyebutkan bahwa Nissan mempromosikan partisipasi aktif karyawan perempuan sebagai bagian dari strategi manajemen perusahaan. Upayaini mencakup lokakarya pengembangan karir, pelatihan pengembangan keterampilandan program mentoring bagi karyawan perempuan.Sebagai pelopor reformasi lingkungan kerja di industri otomotif, Nissan jugamembantu karyawan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan di kantor dandi rumah. Pada 2015, Nissan Motor Co., Ltd memulai program “Happy 8”, yangmendorong karyawan Nissan di Jepang untuk bekerja delapan jam sehari, bertujuanuntuk meningkatkan produktivitas, kesehatan karyawan dan kualitas waktu ditempat kerja ataupun di rumah. Lima ribu karyawan juga berpartisipasi dalamprogram Nissan “Work at Home” di tahun fiskal 2016 yang dicanangkan untukkaryawan non-pabrik. Jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai 6.000 karyawanpada tahun fiskal 2017.Pada Februari, Nissan Motor Co., Ltd. juga turut serta dalam inisiatif “Happy Friday”di Jepang, yang mendorong semua karyawan non-pabrik untuk pulang pada pukul 3sore di hari Jumat terakhir setiap bulan.Nissan secara aktif mempromosikan keberagaman sebagai kekuatan perusahaan.Perempuan menjadi pembuat keputusan utama untuk lebih dari 60% pembeliankendaraan, dan Nissan percaya sangatlah penting untuk memperhatikan hal tersebutsaat mengembangkan produk dan layanan.

Tentang Nissan Motor Co., Ltd.

Nissan merupakan produsen kendaraan global yang menjual lebih dari 60 model di bawah brand Nissan, Infiniti dan Datsun. Pada tahun fiskal 2015, perusahaan berhasil menjual lebih dari 5,4 juta kendaraan secara global, menghasilkan pendapatan sebesar 12,2 triliun Yen. Para insinyur Nissan juga memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik terlaris dalam sejarah, Nissan LEAF. Kantor pusat global Nissan di Yokohama, Jepang, mengatur operasi di enam wilayah, yaitu ASEAN & Oceania, Afrika, Timur Tengah & India, Cina, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Utara. Nissan bermitra dengan Renault dari Perancis sejak 1999 dan Mitsubishi Motors di tahun 2016 di bawah Renault-Nissan Alliance. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, servis dan komitmen kami untuk mobilitas yang berkelanjutan, kunjungi situs resmi kami di http://www.nissan global.com/EN/ dan Twitter @NissanMotor.

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

Didirikan pada tahun 2001, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) beroperasi dalam bidang penjualan dan suku cadang resmi untuk Nissan, Datsun, dan Infiniti di Indonesia. NMI memiliki dua pabrik perakitan di Purwakarta, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi tahunan hingga 250.000 unit. NMI juga telah memiliki 121 dealers di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai Nissan, silakan kunjungi situs www.nissan.co.id, Twitter @NissanID dan Facebook @NissanZoneIndonesia Informasi lebih lanjut mengenai Datsun, silakan kunjungi situs www.datsun.co.id, Twitter @ID_Datsun dan Facebook @Datsun.Indonesia

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Lola Y. Harahap Iwan Kurniawan
External Communication Maverick
PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 2567 5790
P: (021) 858 2323 M: (62) 811 1681307
F: (021) 858 4912 E:iwan@maverick.co.id
E: lola.yh@nissan.co.id

Iwan Kurniawan
External Communication Maverick
PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 2567 5790
P: (021) 858 2323 M: (62) 811 1681307
F: (021) 858 4912 E:iwan@maverick.co.id