Mobil Nissan Lovers yang baru dipakai setahun tampak lebih kusam dibandingkan mobil tetangga yang berumur lebih dari satu setengah tahun? Nissan selalu menerapkan quality control yang ketat dan menggunakan cat mobil berkualitas baik, jadi kusamnya cat mobil Anda bukan karena kualitas cat. Lakukan hal-hal di bawah ini agar cat mobil Anda tetap terjaga :

1. HINDARI SINAR UV BERLEBIHAN

Kebanyakan kaum hawa menghindari sinar UV berlebihan untuk menjaga warna kulit. Sama seperti kulit manusia, cat mobil pun akan mengalami perubahan bila terpapar sinar UV berlebihan. Usahakan parkir di tempat teduh atau sedia sarung mobil bila tidak ada tempat parkir yang teduh. Selain itu, saat mencuci mobil lakukan di pagi atau sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu terik seperti di siang hari.

2. HINDARI MEMARKIR DEKAT TETESAN AIR

Bila Anda hendak memarkir kendaraan dalam jangka waktu lama, pastikan tempat tersebut bebas dari tetesan air.  Tetesan air tersebut dapat meninggalkan noda di bodi mobil sehingga tidak bagus dipandang mata.

3. CUCI SECARA TERATUR

Rutinitas mencuci mobil akan mencegah kotoran menempel terlalu lama. Lakukan rutinitas mencuci mobil minimal seminggu sekali pada musim kemarau. Selain rutin  mencuci mobil, setiap kali mobil Nissan Lover menghadapi kondisi seperti terkena air hujan, melewati genangan air atau jalan berlumpur, dan terkena pasir pantai sebaiknya langsung cuci saja mobil Anda.

4. SABUN ATAU SAMPO KHUSUS MOBIL

Jangan asal menggunakan sampo untuk mencuci mobil karena sangat berpengaruh terhadap kondisi cat mobil pada waktu jangka panjang. Gunakan sampo yang ber-pH balanced dan tidak mengandung detergen dengan pH<6 yang bersifat asam dan menimbulkan korosi atau pH>8 bersifat basa yang dapat memudarkan warna cat.

5. LAP KHUSUS MOBIL

Teksturnya yang lembut membuat plas chamois (biasa dikenal dengan nama Kanebo) cocok sebagai lap mobil. Bila tidak memilikinya, gunakan kain berbahan halus dan lembut. Pastikan kain dalam keadaan bersih saat Anda menggunakannya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pernyataan itu juga berlaku untuk cat mobil. Jadi, bila Nissan Lover ingin mobil tetap terlihat baru namun tidak ingin membayar mahal untuk mengecat ulang, rawat lah mobil Anda secara teratur.