Gaya mengemudi yang ugal-ugalan sering jadi masalah bagi banyak pengendara di jalan. Sifat selalu ingin menang sendiri adalah salah satu penyebab mengapa ada orang yang mengemudi secara ugal-ugalan. Teknik mengemudi seperti ini cenderung ceroboh dan tidak peduli dengan pengemudi lain sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Mungkin Nissan Lovers akan merasa kurang nyaman dengan pengemudi ugal-ugalan seperti ini. Bila ditanggapi, pasti akhirnya Anda yang rugi. Bila hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu. Berikut ini tips mengahadapi mobil ugal-ugalan di jalan yang dapat Anda terapkan.

  • Beri Jarak Mobil

Umumnya, pengemudi yang ugal-ugalan memiliki emosi serta perilaku yang labil. Tak jarang pengemudi selalu berkendara dengan tergesa-gesa, menyerobot jalur lain, melaju zig-zag dengan kecepatan tinggi, hingga tidak segan-segan menyerempetkan mobilnya ke mobil lain. Hal tersebut tentu merugikan pengemudi lain termasuk Anda ketika berada di jalan.

Sangat disarankan untuk menghindari pengemudi bergaya seperti ini dengan cara memberi jarak dari mobil. Usahakan jarak aman 3-4 meter dari mobil Anda tetap dipertahankan hingga nanti sang pengemudi ugal-ugalan  tersebut hilang dari pandangan Anda.

  • Jangan Terpancing Emosi

Pengemudi agresif seperti demikian dapat memancing emosi Anda. Mungkin Anda jadi marah dengan pengemudi seperti ini sehingga melontarkan teriakan kurang pantas yang ditujukan atau bahkan menyainginya dalam berkendara. Hal ini sangat salah karena Anda tidak akan mendapatkan apa-apa kecuali potensi terjadinya kecelakaan.

Berusahalah agar tidak terpancing emosi yang disebabkan oleh provokasi pengendara ugal-ugalan seperti ini. Sangat disarankan untuk tidak melakukan kontak mata dengan pengemudi seperti itu, baik secara langsung maupun hanya melalui spion, karena dia dapat secara tiba-tiba terpancing untuk menyerang Anda.

  • Tetap Fokus Berkendara

Fokuslah dengan tujuan Anda mengemudi agar Anda dan penumpang tetap aman hingga lokasi tujuan. Mungkin bagi Anda gerak-gerik pengemudi tersebut sangat mempengaruhi gaya mengemudi Anda sehingga fokus dan konsentrasi dalam berkendara berubah. Jangan mengalihkan konsentrasi dari jalan dan mobil yang Anda kendarai.

Biarkan saja dia mendahului Anda. Beri tanda agar dia tahu bahwa dia boleh mendahului Anda. Lebih baik mengalah dan memberikan jalan sehingga semakin cepat mobil tersebut menjauh.

  • Patuhi Rambu Lalu Lintas

Seseorang yang agresif bisa saja disebabkan karena perilaku orang lain yang tidak paham dengan rambu lalu lintas. Ada kemungkinan bahwa Anda-lah yang justru menjadi penyebab emosi pengemudi tersebut karena mengabaikan rambu lalu lintas. Oleh karena itu, patuhilah rambu lalu lintas sebaik mungkin.

  • Laporkan Bila Sudah Meresahkan

Jangan ragu untuk melaporkan pengemudi yang perilakunya sudah sangat meresahkan kepada pihak berwenang. Bila kendaraan tersebut merupakan milik instansi tertentu, maka laporkan ke instansi tersebut. Pastikan Anda mengantongi ciri kendaraan, nomor polisi, lokasi kejadian serta arah perjalanan kendaraan tersebut agar dapat ditindak lanjuti.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi pengemudi ugal-ugalan di jalan. Dengan begitu, keamanan dan keselamatan selama berkendara tetap terjamin. Lengkapi juga dengan mengendarai Nissan Juke yang dilengkapi dengan Nissan Safety Shield. Sistem ini membantu menjaga diri Anda dengan fokus terhadap pengawasan sistem dalam kendaraan dan sekitarnya serta membantu pengendalian saat menemui situasi tak terduga seperti masalah di atas.