Saling menyalahkan pengendara lain di jalan raya sepertinya sudah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama bagi Anda yang tinggal di Ibukota. Kondisi jalanan yang macet serta kesibukan masing-masing nyatanya membuat sebagian pengendara lupa bagaimana prinsip mengemudi yang baik dan benar. Dengan alasan terburu-buru, banyak orang mengabaikan pengendara lain sehingga akhirnya mengemudi secara sembarangan. Hal tersebut tentu berbahaya jika terus-menerus diabaikan, pasalnya bukan keselamatan Anda saja yang terancam tapi juga pengendara lainnya.

Lalu hal seperti apa yang seharusnya dilakukan saat dalam perjalanan? Seperti yang dilansir oleh Brake, yaitu sebuah badan yang bergerak di bidang keselamatan jalan raya di Inggris, menyebutkan bahwa ada 6 prinsip yang harus dilakukan agar aman selama diperjalanan. Berikut adalah 5 tips mengemudi prinsip aman yang bisa Anda lakukan:

1. Perlahan

Adanya batas kecepatan pada masing-masing jalur nyatanya memang perlu Anda patuhi. Pasalnya, semakin perlahan Anda mengemudi, semakin mudah Anda mendeteksi adanya hal berbahaya di sekitar Anda. Karena itulah, sebaiknya hindari mengemudi di atas kecepatan rata-rata Dengan begitu keselamatan Anda pun akan terjaga.

2. Sadar

Selain selalu berhati-hati, saat memutuskan untuk mengemudi Anda pun harus yakin bahwa diri Anda sudah sadar sepenuhnya. Sebaiknya hindari mengemudi jika Anda merasa tidak enak badan. Tak hanya itu, saat Anda ada dalam pengaruh obat-obatan atau minuman keras pun Anda tidak disarankan untuk mengemudi.

3. Aman

Pastikan kendaraan yang Anda gunakan memiliki sistem keamanan yang bagus, baik untuk keselamatan penumpang dan juga keamanan mobil Anda. Setidaknya, keberadaan seat belt dan juga airbag  menjadi syarat yang cukup penting untuk sebuah mobil. Dengan begitu, keamanan Anda akan lebih terjaga. Tak hanya itu, jika Anda berkendara dengan seorang anak, usahakan agar memberikannya car seat sehingga ia dapat duduk dengan aman.

4. Sunyi

Sunyi saat mengemudi, yang dimaksud adalah jangan biarkan fokus mengemudi Anda terganggu oleh suara bising. Hindari menyalakan musik telalu keras ataupun terlalu berisik di dalam mobil, karena hal tersebut bisa mengurangi pendengaran Anda jika ada hal-hal berbahaya di sekitar Anda. Usahakan pula untuk mengaktifkan mode silent pada ponsel Anda, dengan begitu Anda pun akan selalu fokus mengemudi.

5. Waspada

Faktor lainnya yang harus Anda lakukan ketika mengemudi ialah selalu waspada. Anda harus selalu menaruh sikap waspada terhadap mobil Anda maupun wilayah sekitar Anda. Waspadalah jika merasa ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraan. Tak hanya itu, Anda juga harus waspada di setiap jalan yang Anda pilih selama mengemudi.

kelima prinsip keamanan tersebut sudah Anda terapkan, namun Anda tetap memerlukan mobil yang bisa mendukung kegiatan berkendara Anda. Mobil sporty terbaik, Nissan Juke tentu bisa Anda jadikan pilihan. Pasalnya Nissan juke telah dilengkapi fitur canggih Integrated Control System yang akan memberikan Anda pilihan mode berkendara mulai dari normal, sport, atau pun eco. Dengan adanya pilihan tersebut, Anda senantiasa bisa dengan mudah memilih mode yang sesuai dengan kondisi jalan yang Anda lalui.