Secara teknis, sunroof dapat dibuka secara pop-out. Sementara sunroof yang bukaannya dengan cara geser disebut moonroof. Akan tetapi, nama sunroof sangat melekat sehingga moonroof sering juga disebut sunroof. Letaknya yang berada di atap mobil dan hanya ada di mobil kelas premium, sunroof pun tampil sebagai kesan pemanis di kabin mobil. Namun, tidak banyak orang yang perhatikan bahwa sunroof memiliki banyak manfaat.

  • SUMBER CAHAYA YANG MERATA

Biasanya, pemilik mobil memilih melapisi seluruh jendela dengan kaca film untuk menghindari silau. Berbeda dengan cahaya dari jendela, cahaya dari sunroof melebar lebih merata ke seluruh kabin mobil sehingga tidak menerpa langsung ke arah pandang pengemudi maupun penumpang.

  • VISUAL KABIN LEBIH LUAS

Sumber cahaya tambahan dari sunroof akan membuat kabin terlihat lebih cerah. Selain itu, keberadaan sunroof memungkinkan Anda dan penumpang lainnya dapat melihat pemandangan luar bagian atas sehingga menambah tampilan visual mobil lebih luas.

  • MENAMBAH NILAI JUAL

Mobil yang memiliki sunroof pasti kualitasnya lebih premium dibandingkan mobil tanpa sunroof. Mobil yang sudah dilengkapi sunroof menjadi investasi tersendiri bagi pemiliki mobil karena dapat menambah nilai jual mobil tersebut.

  • LEBIH SEGAR

Ketika berada di luar kota, Anda pasti sering tergoda untuk mematikan AC lalu membuka jendela demi merasakan udara sejuk bebas polusi. Di sinilah peran sunroof sangat terasa. Bila Anda membuka jendela, terpaan angin kencang berpotensi menganggu penumpang. Sementara itu dengan membuka sunroof, udara segar masuk ke dalam mobil dengan terpaan angin yang tidak terlalu kencang.

  • ROMANTIS

Kehadiran sunroof juga menambah kesan romantis pada mobil, bahkan pada mobil non-sedan sekalipun. Ajak pasangan tercinta ke daerah yang berudara segar dengan pemandangan indah. Lalu berhentilah di lokasi tersebut. Matikan AC, kemudian buka sunroof lalu nikmati keindahan pemandangan langit seraya menghirup udara segar. Tanpa membuka sunroof pun dapat tetap menikmati momen tersebut. 

Nissan yang memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan akan mobil premium menghadirkan Nissan Elgrand yang memiliki bukan hanya satu, tetapi dua sunroof dalam kabinnya. Dual-Panel Sunroof yang dimiliki Nissan Elgrand terletak di bagian depan (deretan pengemudi) dan di bagian tengah.

Meski dua sunroof bukan berarti kabin mobil akan sangat silau. Karena keduanya dilengkapi penutup sehingga dapat mencegah cahaya terik dari luar. Kedua sunroof ini semakin membuat Nissan Elgrand terlihat lapang, kaya cahaya matahari alami, dan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik lagi. Jadi Anda dan keluarga dapat menikmati manfaat sunroof lebih maksimal.