Nissan Lovers pernah mencium bau yang tidak wajar ketika berada di kabin mobil? Perjalanan Anda pasti sangat terganggu jika bau tersebut sulit dihilangkan. Namun, permasalahannya, tidak semua bau dapat disingkarkan hanya dengan menggunakan parfum mobil. karena itu, kenali baunya dan samakan dengan catatan Nissan mengenai bau dan penyebabnya.

Bau Apek

AC memiliki evaporator yaitu bagian yang mengubah udara luar menjadi dingin saat masuk ke kabin. Terciumnya bau apek saat menyalakan AC berarti evaporator terinfeksi jamur. Bau apek juga bisa ditimbulkan oleh kebocoran air yang merembes ke karpet mobil.

Bau Manis

Jangan senang dulu saat mencium bau manis di mobil seperti sirup, terutama bila Anda tidak membawa barang yang berbau manis. Antifreeze memiliki bau manis dan bau inilah yang tercium saat terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Menghirup antifreeze bisa menimbulkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan, jadi saat bau manis seperti sirup muncul, segera  cek sistem pendingin mobil Anda.

Bau Terbakar

Bau terbakar dapat ditimbulkan oleh beberapa hal, seperti kebocoran oli yang masuk ke sistem pembuangan, v-belt terbakar, brake pads atau rotor mengalami overheat, atau rem tangan diaktifkan saat mobil berjalan.

Bau Telur Busuk

Bau telur busuk atau sulfur di dalam kabin menandakan catalytic converter yang tidak menyaring hidrogen sulfida di knalpot dengan baik, sehingga konverter mengalami overheat.

Bau Roti Gosong

Timbulnya bau roti gosong kemungkinan besar ada korsleting di komponen listrik atau insulasi dalam mobil mengalami overheat. Bau ini harus segera ditangani karena korsleting bisa mengakibatkan kebakaran pada mobil.

Bau Bahan Bakar

Mencium bau bahan bakar ketika Anda baru mulai menyalakan mesin termasuk wajar. Tapi Anda harus waspada bila Anda mencium bau ini saat mesin sudah panas karena bisa saja tutup tangki kendor, sistem pengendali evaporasi emisi gas buang tersumbat atau bocor, atau juga karena kebocoran bahan bakar.

Bila bau yang Anda cium pada mobil tidak sama dengan penjelasan di atas, coba perhatikan lantai mobil dan sela-sela kursi karena kemungkinan bisa jadi ada makanan yang tercecer dari beberapa hari yang lalu sehingga menimbulkan bau tak sedap. Intinya, jagalah kebersihan dan kondisi mobil Anda agar dapat berkendara secara nyaman terbebas dari bau tidak sedap.