Ban mobil menjadi salah satu pendukung besar bagi performa berkendara para Nissan Lovers. Namun, beberapa pengendara kerap lalai dalam menjaga kondisi ban mobil mereka, bahkan hingga kondisi ban gundul atau berubah bentuk. Hal tersebut tentunya tak boleh dibiarkan, pasalnya ban adalah poros bergeraknya mobil. Karena itulah, jika kondisi ban sudah tidak layak pasti bisa membahayakan Anda saat berkendara.

Selain bisa membahayakan kegiatan berkendara Anda, ban mobil yang tidak terawat ternyata juga bisa memperpendek usia kendaraan Anda. Anda tentu tak ingin hal tersebut terjadi bukan? Segera ketahui hal apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada ban mobil.

1. Cara Mengemudi

Apapun jenis mobil atau ban Anda, jika cara mengemudi yang Anda lakukan salah ternyata bisa menjadi penyebab rusaknya ban. Mengemudi dengan kencang secara tiba-tiba lalu mengerem mendadak adalah salah satu teknik mengemudi yang perlu Anda hindari. Tak hanya itu, Jika Anda pengemudi yang tak peduli dengan kondisi jalan sepertinya Anda pun perlu mengubah sifat itu. Mulailah untuk menghindari jalanan yang rusak, kalau pun terpaksa harus melaluinya, sebaiknya mengemudilah secara perlahan. Jangan biarkan ban terbentur keras dengan lubang. Jika kebiasaan buruk mengemudi tersebut terus Anda lakukan, tak menutup kemungkinan ban mobil jadi gundul.

2. Tekanan Angin

Hal lain yang bisa menyebabkan rusaknya kondisi ban tak lain adalah tekanan angin. Performa ban mobil tentunya dipengaruhi oleh tekanan angin di dalamnya. Karena itulah, setiap mobil sudah mempunyai ketentuannya masing-masing. Ketentuan itu harus Anda penuhi di setiap kali Anda melakukan perjalanan. Pasalnya, kelebihan ataupun kekurangan tekanan angin bisa membahayakan kegiatan berkendara Anda.

3. Performa Mekanisme Mobil

Faktor lain yang bisa memicu kerusakan ban adalah rotasi ban yang salah. Banyak pengemudi yang tak memahami mengenai rotasi ban, padahal rotasi ban perlu dilakukan untuk menghindari keausan ban di satu sisi saja. Keausan ban di satu sisi setidaknya sering terjadi karena pengemudi kerap membuang setir ke satu arah yang sama terus-menerus. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa melakukan spooring, dengan begitu ban pun akan memiliki kualitas yang lebih baik.

4. Hindari Kesalahan Penggunaan Ban

Jika Anda pernah melihat kode-kode huruf yang ada pada ban, kode tersebut tentunya memiliki makna penting. Kode yang ada pada masing-masing ban ternyata menunjukan kecepatan maksimal yang bisa Anda capai saat menggunakan ban tersebut. Berikut ini adalah beberapa arti kode pada ban:

  • Simbol M >> Kecepatan maksimal 130 km/jam.

  • Simbol N >> Kecepatan maksimal 140 km/jam.

  • Simbol P >> Kecepatan maksimal 150 km/jam.

  • Simbol Q >> Kecepatan maksimal 160 km/jam.

  • Simbol R >> Kecepatan maksimal 170 km/jam.

  • Simbol S >> Kecepatan maksimal 180 km/jam.

  • Simbol T >> Kecepatan maksimal 190 km/jam.

  • Simbol U >> Kecepatan maksimal 200 km/jam.

  • Simbol H >> Kecepatan maksimal 210 km/jam.

  • Simbol V >> Kecepatan maksimal 240 km/jam.

  • Simbol W >> Kecepatan maksimal 270 km/jam.

  • Simbol Y >> Kecepatan maksimal 300 km/jam.

  • Simbol ZR >> Kecepatan maksimal Above 240 km/jam.

Nah, jika tak mau ban mobil mengalami keausan atau gundul, Anda perlu menghindari hal-hal tersebut. Bagi Anda yang menggunakan mobil SUV terbaik seperti Nissan X-trail, Anda pun perlu menjaga stabilitas ban mobil. Dengan adanya fitur Active Ride Control, Anda tentu bisa menghindari pengereman secara mendadak. Pasalnya fitur tersebut mampu melakukan pengereman yang sudah menyesuaikan torsi mesin sehingga pergeraka pun akan semakin halus.