Headlight merupakan lampu penerangan utama yang terletak di bagian depan kendaraan,. Kehadiran headlight sangat penting untuk keamanan dan keselamatan berkendara dalam kondisi malam hari atau gelap. Seiring dengan berkembangnya teknologi, headlight mobil pun hadir dalam model dan fungsi yang semakin canggih. Berikut adalah beberapa jenis headlamp mobil yang umumnya dipakai pada produk mobil keluaran terkini.

  • Halogen

Mayoritas mobil yang ada sekarang menggunakan halogen pada lampu headlight mereka. Alasannya karena lampu halogen cenderung lebih terang dan berumur lebih panjang. Pada mobil, headlight halogen dapat digunakan untuk fungsi lampu jarak dekat, jauh, hingga lampu kabut (fog-light). Cahaya yang berasal dari headlight halogen menggunakan bohlam dan reflektor dengan desain cukup kompleks. Sedangkan, untuk alternatif lampu beam (lampu dim) bisa diarahkan dengan lensa proyektor yang terdapat pada penutup lampu headlight.

Umumnya, lampu halogen memiliki daya output hingga 55 Watts. Apabila lebih dari itu, penggunaan lampu halogen hanya dianggap membuang energi dan menyebabkan lampu cepat panas. Penggunaan headlight halogen ini pun sudah diterapkan pada Nissan Navara. Jadi ketika Anda berkendara di malam hari pasti akan aman dan nyaman dengan mobil petualang ini.

  • High Intensity Discharge

Headlight jenis High Intensity Discharge (HID) terbuat dari campuran logam langka dan unsur gas sehingga menghasilkan cahaya putih yang terang. Dulu, headlight diarahkan ke depan (jalanan), tetapi sekarang arah dari bohlamnya cenderung mengarah ke atas. Uniknya, meskipun memilki output cahaya yang terang, ukuran watt yang dibutuhkan cukup kecil, yakni sekitar 35 watt dan bisa bertahan hingga 2000 jam.

Lampu HID juga dikenal sebagai xenon headlight karena terdiri dari pijar-pijar gas xenon. Xenon inilah yang dapat membuat headlight HID berkedip-kedip saat dinyalakan sekaligus menjaganya agar mendapatkan iluminasi hingga mencapai cahaya maksimum. Namun, biasanya kedipan tersebut hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Beberapa mobil dengan headlight HID biasanya hanya ada pada low beam-nya, sedangkan fitur high beam-nya menggunakan halogen.

  • Light Emitting Diodes

Awalnya lampu Light Emitting Diodes (LED) digunakan pada senter kecil, ponsel, dan televisi. Salah satu keunggulan LED adalah kemampuannya dalam mencapai pijar jutaan per detik. Saat digunakan sebagai indikator lampu rem, LED dapat membantu pengemudi mobil di belakang untuk lebih cepat bereaksi sekitar 30%. Sedangkan, sebagai headlight, LED memiliki ketahanan hingga 15.000 jam. Keunggulan LED inilah yang akan Anda dapatkan apabila mengendarai Nissan Juke.

Tidak hanya itu, lampu LED ternyata juga mampu mengonversi energi secara langsung menjadi cahaya, bukan hanya energi panas. Jadi, panas yang dihasilkan oleh LED hanya terdapat pada komponen elektriknya, bukan pada permukaan bohlam.

Headlight pada mobil sangat berpengaruh pada keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara Nissan Lovers, terutama saat malam hari. Mengetahui beragam jenisnya dapat membantu Anda menentukan headlight mobil yang sesuai kebutuhan berkendara Anda. Jadi, headlight apa yang Anda unggulkan?