Kondisi jalan yang sedang hujan terkadang kerap ditakuti oleh para pengendara. Bagaimana tidak, hujan akan membuat jalanan semakin licin, jarak pandang berkurang, dan juga menimbulkan banyak genangan di jalan. Kondisi tersebut tentu akan berbahaya jika Anda tidak mengemudi secara berhati-hati. Pasalnya, kondisi hujan menjadi salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Atas dasar itu, Nissan Lovers perlu mengetahui cara atau prinsip dasar mengemudi di saat hujan. Hal utama yang perlu Anda lakukan tak lain ialah mengurangi laju kecepatan, selain itu Anda juga perlu menyalakan lampu. Dengan menyalakan lampu depan mobil otomatis pandangan Anda terhadap kondisi di depan akan lebih jelas. Tak hanya itu, saat Anda sudah menyalakan mobil lampu belakang pun akan otomatis menyala. Dengan begitu, saat terjadi pengereman mobil belakang pun akan mendapat penanda terlebih dahulu.

Meskipun begitu, penggunaan lampu di saat hujan ternyata masih kerap salah dilakukan oleh beberapa pengendara. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang sebaiknya Anda lakukan saat terjadi hujan lebat:

1. Posisi Lampu Tidak Mengganggu Pengendara Lain

Dengan alasan jarak pandang yang sulit, beberapa pengendara kerap menggunakan lampu jauh saat hujan. Padahal hal ini bisa mengganggu bahkan membahayakan pengendara lain. Saat lampu jauh menyorot pengemudi lain, hal tersebut tentu dapat membahayakan karena pengendara tak mampu melihat kondisi jalan dengan benar. Karena itulah, Anda harus memastikan bahwa lampu depan mobil tidak menyorot secara berlebihan.

2. Tidak Menyalakan Lampu Hazard

Keberadaan lampu hazard sampai saat ini masih kerap disalahartikan oleh beberapa orang. Salah satunya, menyalakan saat hujan lebat diperjalanan. Padahal, lampu hazard hanya boleh digunakan saat Anda sedang dalam keadaan darurat atau sedang dalam rombongan. Karena itulah, penggunaan lampu hazard saat hujan tidaklah disarankan. Pasalnya, lampu hazard justru akan menutupi fungsi lampu sein sehingga akan berbahaya jika pengendara lain tak menyadari jika Anda akan berbelok.

3. Menggunakan Lampu Sein Saat akan Berbelok

Dalam kondisi hujan lebat, para pengendara di jalan memang secara otomatis akan mengurangi laju kendaraannya. Meski begitu, Anda tetap wajib menggunakan lampu sein saat akan berbelok, dengan begitu kendaraan lain pun akan sadar ke arah mana Anda melaju. Hindari pula menyalakan lampu sein secara mendadak, karena hal tersebut juga bisa membahayakan pengendara lainnya.

Prinsip tersebut tentunya harus dilakukan oleh semua pengendara, dengan begitu risiko kecelakaan di jalan akan berkurang. Jika Anda pengguna city car terbaik seperti Nissan March, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, Nissan March telah dilengkapi oleh Daytime Running LED Light, Rear Spoiler LED High Mounted Stop Lamp, hingga LED Rear Combination Lamps. Dengan begitu, pencahayaan Anda saat siang, malam, atau saat kondisi hujan pun tetap optimal.