Sebagai pemilik mobil, sudah sepatutnya Nissan Lovers mengetahui komponen apa saja yang ada pada mobil Anda. Tak hanya itu, setidaknya Anda pun memahami fungsi pada masing-masing komponen. Pasalnya, semua komponen yang ada dalam mobil bisa mendukung kegiatan berkendara. Sehingga akan amat disayangkan sekali jika komponen-komponen yang ada tidak difungsikan dengan baik.

Salah satu komponen yang tak kalah penting pada mobil ialah wiper. Seperti yang Anda ketahui, wiper adalah komponen bawaan wajib dari setiap mobil. Fungsinya sebagai pembersih otomatis kaca akan memudahkan kita berkendara, khususnya saat kondisi jalan hujan maupun berkabut. Tak hanya itu, saat ini wiper belakang mobil juga turut menjadi komponen wajib pada mobil.

Keberadaan wiper belakang saat ini terasa amat penting demi kelangsungan berkendara, pasalnya para pengendara cenderung memanfaatkan kaca spion untuk melihat kondisi belakang mobil, khusunya pada waktu hujan maupun berkabut. Memahami kondisi di belakang mobil tentu amat penting, sehingga Anda pun bisa melakukan pengereman secara tepat waktu tanpa mengagetkan mobil belakang Anda.

Di situlah peran wiper belakang bekerja, karena itu Anda wajib memastikan kerja wiper belakang berfungsi dengan baik dan benar. Fungsi ini memang tak bisa Anda abaikan, karena kecelakaan beruntun memang kerap terjadi, tak terkecuali di musim penghujan seperti sekarang Feeling berkendara saat kondisi hujan ataupun tidak maupun siang atau malam tentu berbeda. Karena itulah, pastikan Anda menaruh fokus pada kendaraan depan dan belakang Anda, sehingga Anda pun tidak melakukan pengereman secara mendadak.

Untuk memastikan kondisi wiper Anda, periksalah pergerakan wiper terlebih dahulu. Pastikan gerak wiper Anda bekerja dengan baik. Selain itu, pastikan saat wiper bekerja tak ada suara berdecit ataupun bergesek. Jika terdapat suara tersebut, Anda bisa melanjutkannya dengan memeriksa kondisi karet wiper Anda. Hal yang tak kalah penting ialah memastikan keberadaan cairan pembersih kaca. Cairan tersebut akan berfungsi jika kaca mobil Anda sudah terlalu kotor sehingga membutuhkan pelumas untuk mendukung kerja wiper.

Bagi Anda yang memiliki mobil keluarga seperti Nissan Serena, keberadaan wiper depan dan belakang tentu tak perlu Anda khawatirkan. Pasalnya wiper depan pada Nissan Serena sudah dilengkapi oleh variable intermittent, mist dan speed sensor. Tak hanya itu, wiper belakang pun sudah menjadi komponen wajib yang juga sudah dilengkapi dengan intermittent with reverse link. Nah, Nissan Lovers jangan lupa untuk pastikan kondisi wiper Anda ya.