Setiap mobil dilengkapi dengan sabuk pengaman sebagai bagian dari keselamatan para penumpang. Sabuk pengaman inilah yang akan menjaga Nissan Lovers sekalian agar tetap berada di posisi duduk selama mobil berjalan. Jadi, jika terjadi kondisi darurat atau kecelakaan, Anda bisa terhindar dari benturan dengan bagian keras interior mobil.

Sayangnya, masih banyak pengendara mobil yang menganggap sepele fungsi sabuk pengaman dan memakainya sebagai formalitas saja. Beberapa bahkan hanya mengenakan sabuk pengaman hanya karena takut ditilang polisi. Nah, agar aktivitas berkendara Anda tetap aman dan nyaman, berikut beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan seputar sabuk pengaman.

  • Penumpang di Kabin Belakang Wajib Kenakan Sabuk Pengaman

Hal ini sepertinya menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan. Padahal, hanya karena duduk di kursi bagian belakang, bukan berarti risiko kecelakaan lebih rendah. Sebenarnya risiko tersebut cenderung lebih besar.

Jika kecelakaan terjadi saat Anda duduk di kabin belakang dan tidak menggunakan sabuk pengaman, kemungkinan Anda akan terdorong ke depan dari jarak yang lebih jauh. Akibatnya, daya benturan yang terjadi lebih keras. Mungkin Anda pernah membaca berita tentang kecelakaan mobil yaitu kabin depan dipenuhi penumpang yang bertumpuk. Hal tersebut disebabkan oleh penumpang pelanggan yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

  • Pasanglah Sabuk Pengaman Sebelum Berkendara

Kapan biasanya Anda memasang sabuk pengaman? Selalu pasang sebelum mobil mulai berjalan, terutama bagi yang menyetir. Pasalnya, memasang sabuk pengaman sambil menyetir dapat mengurangi konsentrasi, terlebih jika menyetir dalam kecepatan cukup tinggi. Bisa-bisa kehilangan kendali dari setir mobil. Oleh sebab itu, biasakan memasang sabuk pengaman sebelum menyalakan mesin mobil. Jika perlu, tempelkan post-it di dashboard mobil agar Anda ingat terus.

  • Tidak Perlu Menambahkan Aksesori

Sebagai pemilik mobil, wajar apabila Anda ingin mempercantik tampilan interior mobil dengan memasang berbagai aksesori, salah satunya pada sabuk pengaman. Mungkin bermaksud ingin menyesuaikan tampilan warna dengan jok mobil.

Sebaiknya Anda tidak perlu menambahkan aksesori pada sabuk pengaman karena dapat mengurangi daya cengkeram pada tubuh Anda saat terjadi tabrakan. Akibatnya, sabuk pengaman tersebut bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Lagi pula, sabuk pengaman mobil telah didesain dengan ukuran tertentu dan dibuat dari bahan khusus yang tidak licin sebagai perlindungan keselamatan penumpang.

  • Duduk dengan Posisi yang Benar

Hal yang tak kalah penting dari penggunaan sabuk pengaman adalah posisi duduk di dalam mobil. Usahakan untuk duduk dengan tegak. Jangan menurunkan sandaran kursi lebih dari yang dibutuhkan karena jika terjadi kecelakaan, sabuk pengaman bisa melewati pinggang Anda dan menahan perut secara paksa. Alhasil, leher Anda bisa berisiko terkena cedera. Khusus bagi pengendara mobil, atur posisi duduk agar tidak terlalu dekat dengan roda kemudi.

Jadi, pastikan mobil yang kendarai memiliki fitur sabuk pengaman di seluruh bagian bangku di kabin mobil. Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut apabila mengendarai Nissan Evalia. Setiap baris kursinya telah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 Point ELR yang tidak hanya membuat perjalanan Anda nyaman, tetapi juga menjaga keselamatan Anda.