Hampir seluruh keluaran mobil terbaru, saat ini sudah dilengkapi fitur kunci mobil otomatis alias Key Remote. Key Remote di sini pada umumnya berfungsi untuk mengunci maupun membuka pintu mobil secara otomatis. Tak hanya itu, pada beberapa mobil city car terbaik seperti Nissan Teana, Key Remote mobil juga berfungsi untuk membuka bagasi mobil secara otomatis. Fitur tersebut tentu amat memudahkan Anda yang kerap membawa barang banyak sehingga tak perlu repot menaruh dan mengangkat barang untuk membuka bagasi mobil.

Adanya fungsi Key Remote ini biasanya juga sudah terintegrasi dengan alarm mobil. Karena itulah, keberadaan Key Remote mobil ini akan sangat berguna bagi para pengendara. Namun, fungsi ini ternyata kerap dirasa bermasalah. Keadaan ini pastinya akan sangat merugikan pengemudi, apalagi jika terjadi kerusakan yang menyebabkan alarm mobil aktif terus-menerus. Lalu apa saja penyebab rusaknya Key Remote untuk mobil, berikut penjelasannya:

1. Tombol Key Remote Mobil Rusak

Salah satu faktor yang menyebabkan Key Remote tidak berfungsi ialah rusaknya tombol pada kunci. Kerusakan ini juga bisa terlihat jika lampu pada Key Remote tidak menyala. Kerusakaan pada tombol biasanya terjadi akibat usia kunci yang sudah tua ataupun kunci yang kerap terkekan, sehingga fungsinya pun rusak. Untuk mengembalikan fungsinya, biasanya Anda perlu mengganti kerangka remote. Namun, itu semua tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi.

2. Baterai Key Remote Habis

Selain adanya kerusakan pada kerangka Key Remote, remote otomatis yang didukung oleh baterai ini tentunya bisa mati akibat kehabisan baterai. Pada umumnya baterai pada remote mampu bekerja selama satu tahun, karena itulah Anda perlu mengingat berapa lama usia baterai Key Remote Anda. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segeralah ganti baterai. Pasalnya, saat Anda membiarkan mobil dibuka oleh kunci manual, biasanya alarm mobil akan terus menyala. Karena itu, Anda perlu lakukan pengecekan pada baterai Key Remote Anda

3. Gangguan Frekuensi

Faktor lain yang bisa menyebabkan Key Remote mobil tak berfungsi adalah adanya gangguan frekuensi. Hal ini sangat mungkin terjadi, apalagi jika Anda berada di wilayah yang memiliki elektromagnetik yang kuat seperti di stasiun Televisi ataupun radio. Untuk menghindari kondisi ini, tentunya Anda perlu memarkirkan mobil sedikit menjauh dari pemancar. Dengan begitu, fungsi Key Remote mobil pun akan kembali seperti semula.

Ketiga hal itulah yang biasanya menjadi penyebab hilangnya fungsi Key Remote mobil Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda bertindak sebaiknya ketahui terlebih dahulu faktor apa yang menyebabkan kerusakan. Hal yang sama juga patut dilakukan para pemilik mobil city car terbaik, Nissan Teana. Dengan adanya Intelligent Key Remote mobil yang serba guna dan dilengkapi oleh Immobilizer, sebaiknya jagalah fungsi Key Remote mobil Anda.