Dashboard mobil adalah bagian dalam interior yang sering menjadi perhatian saat berkendara, yang mana Anda dapat menemukan panel indikator kendaraan maupun batas antara pengendara dengan bagian depan mobil. Namun, bagaimana reaksi Anda saat mendapati dashboard mobil retak?

Dashboard retak sering menjadi salah satu masalah utama mobil yang sudah berusia di atas lima tahun. Pada umumnya, ini terjadi pada dashboard mobil yang terbuat dari material plastik yang sering terpapar sinar matahari langsung ataupun berada pada suhu kabin yang tinggi.

Jika dashboard mobil Anda mengalami hal ini, Anda tidak perlu cemas. Cukup ikuti tips otomotif mengenai empat langkah di bawah ini untuk memperbaiki dashboard mobil Anda.

  1. Cairan Pengisi Khusus Dashboard
    Anda dapat menggunakan cairan pengisi khusus dashboard. Cairan ini cukup mudah ditemukan di toko otomotif dan bengkel. Anda pun dapat memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan karena cairan ini memiliki beragam warna.

  2. Pelapis Dashboard
    Menggunakan pelapis dashboard juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi dashboard mobil yang retak. Pelapis ini juga mudah ditemukan pada toko variasi jok dan sama seperti cairan pengisi khusus dashboard, serta memiliki warna yang beragam. Namun, untuk menggunakannya, Anda perlu berhati-hati agar pelapis tidak menutupi airbag mobil Anda yang dapat mengganggu keselamatan saat terjadi kecelakaan.

  3. Cairan Pembersih Khusus Dashboard
    Cara lainnya adalah dengan menggunakan penyedot debu, kemoceng, atau kain lap bersih dengan permukaan yang halus sehingga tidak meninggalkan lecet pada dashboard mobil. Anda juga dapat menyemprotkan cairan pembersih khusus dashboard. Sangat disarankan pula untuk memilih cairan lotion dan menghindari cairan yang mengandung silikon, agar warna pada permukaan dashboard tidak berubah.

  4. Mengganti Dashboard
    Cara terakhir adalah dengan mengganti seluruh dashboard dengan yang baru. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dibanding cara lainnya, tetapi cara ini memiliki tingkat kepuasan tersendiri.

Memperbaiki dashboard mobil rusak tidak terlalu sulit. Cara tersebut juga dapat Anda implementasikan pada city car terbaik, yaitu Nissan Teana milik Anda. Dengan begitu, tampilan interior mobil Nissan Teana Anda tetap terlihat elegan dan menarik.