Gelap di saat mendung serta curah hujan tinggi membuat daya penglihatan semakin turun. Ketika musim hujan seperti sekarang ini, penggunaan lampu dan wiper sangat penting. Lampu dan wiper akan membantu Nissan Lovers untuk meningkatkan daya pandang selama berkendara mobil. Tak hanya Anda, pengendara lain juga akan waspada terhadap keberadaan mobil Anda. Bila lampu dan wiper dirawat serta diatur dengan baik, bukan tidak mungkin tingkat keselamatan di jalan raya semakin besar. Karena itu, ikuti aturan penting menggunakan lampu dan wiper berikut ini.

Pahami Kegunaan Lampu

Lampu adalah alat keselamatan paling dasar dan penting untuk dilakukan pengecekan dalam kurun waktu tertentu. Bila diperlukan, lampu harus diganti. Sistem lampu pada mobil akan membantu Anda memperoleh penglihatan yang lebih baik selama berkendara ketika malam atau cuaca gelap seperti mendung dan kabut. Selain itu, keberadaan lampu pada kendaraan juga akan membantu pengendara lain untuk memahami gerakan Anda.

Merawat lampu mobil sebenarnya cukup mudah. Langkah pertama adalah menjaga kebersihan lampu, khususnya bagian luar karena debu dan lumpur yang menempel akan mengurangi kecerahan lampu. Selanjutnya, pastikan arah lampu tidak mengarah langsung ke kendaraan lain di depan karena dapat mencelakakan pengemudi lain serta mengurangi penglihatan Anda ke jalan raya. Terakhir, mulailah menyalakan lampu mobil ketika senja hari. Mungkin cahaya lampu tidak terlalu terang, namun hal ini membantu pengendara lain waspada dengan mobil Anda.

Wiper Turut Berperan Besar

Sistem wiper diperlukan oleh mobil untuk membersihkan air dan debu yang menempel di kaca depan atau belakang. Air dan debu, terkadang juga lumpur membuat penglihatan pengemudi berkurang. Jadi, penting sekali  untuk mengganti karet wiper dalam kurun waktu tertentu atau ketika wiper sudah mulai berdecit.

Penggantian wiper pada mobil-mobil di Indonesia biasanya dilakukan 10-12 bulan sekali. Namun tidak menutup kemungkinan wiper dapat diganti sebelum bahkan sesudah kurun waktu tersebut.

Ketika mengganti karet wiper, sebaiknya gantilah sepasang sekaligus. Hal ini untuk menjaga agar kemampuan wiper dalam menyeka kotoran dan air tetap optimal. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti karet wiper di kaca belakang yang juga sangat diperlukan dalam mengenali kondisi sekitar pengemudi.

Kondisi keawetan karet wiper sebenarnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi saat beroperasi (contohnya saat digunakan untuk membersihkan lumpur), frekuensi penggunaan wiper, material dan tipe wiper itu sendiri. Fakta lainnya, wiper dapat lebih cepat rusak di saat keadaan cuaca panas. Jadi Anda patut memerhatikan  apa saja yang sering digunakan wiper mobil Anda.

Pentingnya kehadiran lampu dan wiper pada mobil sebenarnya sudah disadari oleh Nissan dalam mendesain setiap produknya. Salah satunya adalah Nissan Grand Livina yang memiliki Head Lamp dengan area depan yang luas. Lampu yang dibekalkan pada Grand Livina ini merupakan lampu halogen yang lebih terang dan didesain agar  tidak menggangu pengemudi lain. Selain itu, ada juga lampu tambahan berupa fog lamp yang menyatu dengan bumper depan sebagai penerangan tambahan ketika cuaca berkabut.