Apakah menurut Nissan Lovers perlu mencuci mobil setelah terkena air hujan? Pernyataan ini seringkali muncul di benak Anda saat mobil kesayangan kena hujan. Sekilas, bahaya yang mengintai mobil Nissan Anda hanyalah yang terlihat seperti lumpur, pasir, dan sampah yang menempel. Perlu Anda ketahui kalau air hujan pun menyimpan kandungan tak terlihat yang berisiko menimbulkan masalah pada mobil. Tergantung bagaimana kondisi di lokasi  tempat hujan tersebut.

DAERAH DEKAT LAUT

Air hujan di dekat laut memiliki kandungan garam lebih banyak dibandingkan air hujan di pegunungan ataupun daerah lain yang jauh dari laut. Kandungan garam pada air hujan memiliki PH antara 3-5 atau cenderung basa yang berpotensi menimbulkan karat pada bodi
mobil.

DAERAH PERKOTAAN ATAU DEKAT PABRIK

Derah perkotaan dan pabrik memiliki polusi yang tinggi. Ketika polutan ini ke udara dan bertemu dengan uap air di atas sana, hujan yang turun akan membawa polutan kembali ke bawah sehingga otomatis mobil Anda bisa terkena akibatnya. Hujan yang timbul di daerah ini bersifat asam dan akan mempercepat proses karat.

DI DAERAH APAPUN

Hujan di daerah apapun, bahkan yang jauh dari laut dan tempat berpolusi, tetap memiliki risiko tersendiri
lewat kandungan (seringan apapun) seperti oksigen terlarut, garam, dan polusi. Semakin tinggi kelembapan udara, maka semakin tinggi juga potensi karat yang muncul. Selain itu, air membuat cat mobil cepat lunak sehingga cat mobil lebih mudah buram ketika bereaksi dengan udara. Itulah sebabnya bodi mobil yang basah baik karena hujan maupun pencucian harus cepat dikeringkan dengan lap khusus seperti plas chamois atau micro fiber.

Dari hal-hal di atas dapat disimpulkan bahwa setelah mobil Anda kehujanan maka sebaiknya harus mencuci mobil segera mungkin setelah terkena air hujan. Bila tidak sempat, paling tidak Anda harus menyemprotnya dengan air PDAM bertekanan
tinggi untuk meluruhkan kotoran yang menempel pada seluruh bodi mobil termasuk di bagian kolong mobil. Maka luangkan juga waktu di akhir minggu untuk lakukanlah pencucian mobil dengan seksama sehingga kualitas tampilan mobil dapat terjaga dengan baik.