Semakin bertambahnya usia berarti semakin bertambah pula pengalaman Anda. Namun berarti juga ada penurunan kondisi tubuh, seperti stamina dan refleks mengemudi. Bila Anda adalah lansia atau memiliki kerabat lansia yang masih sering mengemudi, cobalah ikuti rangkuman tips dari Nissan untuk menjaga kenyamanan bagi pengemudi lansia.

1. Olahraga

Olahraga memang benar-benar mampu menjaga kondisi tubuh, bahkan bagi lansia. Menurut The Hartford Center untuk Mature Market Excellence dan MIT AgeLab, latihan secara teratur ternyata juga meningkatkan jangkauan gerakan dan fleksibilitas pengemudi lansia.

Akan lebih baik lagi bila Anda meminta saran dokter mengenai jenis olahraga atau gerakan yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan namun tetap sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan. Konsultasikan juga keinginan Anda untuk terus mengemudi. Bisa jadi dokter akan memberikan banyak saran penting seperti jenis mobil dan posisi duduk yang sesuai.

2. Cek Penglihatan

Penglihatan yang menurun sudah pasti akan sangat mengganggu kenyamanan mengemudi. Sebelum memutuskan untuk terus berkendara, datangi dokter dan cek kualitas penglihatan secara teratur setidaknya setahun sekali. Dari pengecekan ini, kondisi penglihatan Anda akan terdeteksi seperti gangguan biasa yang bisa diatasi dengan kacamata atau tidak biasa seperti katarak dan glaukoma.

Gunakan kacamata yang disarankan dokter dan atur ketinggian tempat duduk sehingga Anda dapat melihat jarak tambahan sekitar tiga meter di depan mobil. Kalau dokter menyarankan atau melarang Anda menyetir malam hari, usahakan sejak sore sudah tidak lagi menyetir. 

3. Cek Pendengaran

Pendengaran memang tidak sevital penglihatan saat mengemudi, namun tidak ada salahnya Anda mengecek kondisi pendengaran. Bila pendengaran Anda benar-benar kurang baik, mintalah saran dokter untuk meningkatkan pendengaran dan memasang tanda di bagian belakang mobil bahwa pengemudi mobil tidak mendengar dengan baik. Diharapkan dengan tanda ini maka pengemudi di belakang Anda tidak hanya membunyikan klakson tetapi juga memberi tanda dengan lampu.

4. Pilih Mobil Berkualitas 

Jangan sembarangan memilih mobil. Percayakan kenyamanan berkendara Anda dengan Nissan yang kualitasnya sudah teruji, seperti mendapatkan berbagai penghargaan, uji kualitas internasional, dan menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Pilihlah mobil Nissan yang nyaman untuk para lansia seperti dari segi tinggi, kursi, dan fitur yang tersedia.