Canggihnya teknologi mendorong Terrano untuk terus berevolusi dari tahun ke tahun sesuai dengan perkembangan jaman. Keberadaannya mulai diakui sejak tahun 90an dan berada pada puncak keemasan tahun 2000an. Kini, Terrano kembali hadir dengan tampilan anyar dan tampak elegan. Yuk, Nissan Lovers cek perubahannya yang semakin mutakhir!

1. Nissan Terrano SLX, SGX, A/J Limited

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 di Purwakarta, Nissan meluncurkan 3 varian dari Terrano yaitu SLX, SGX dan versi dengan kasta tertinggi A/J Limited. Generasi ini dapat dikenali dari adanya 3 lubang segaris di kap mesin. Kelebihan generasi ini adalah adanya transfer case yang mampu diubah menjadi penggerak 4x4, namun aplikasi transfer case ini berpengaruh terhadap konsumsi BBM menjadi boros.

Pada dasarnya dengan produksi tahun 90an, Nissan Terranno sebagai generasi pertama ini belum dilakukan injeksi pada sistem bahan bakarnya sehingga penggunaan sistem bahan bakar karburator menjadikan mobil ini boros bensin untuk kompresi bahan bakar. Beberapa fitur keamanan dan hiburan yang disediakan pada kabin juga masih sangat sederhana.

2. Nissan Terrano Spirit, GrandRoad XT-R, KingsRoad F1

Memasuki generasi anyar yaitu Tahun 1997-2002 hadir varian Spirit, GrandRoad XT-R dan KingsRoad F1. Ciri kap mesin dengan tiga lubang segaris dihilangkan serta tanpa transfer case dengan sistem pengapian CDI. Pada generasi ini tuas AC dari model geser menjadi model putar dan pada varian termahal KingsRoad F1 dilengkapi jok kulit, side moulding, over fender, tire hanger, bulbar, woodpanel, kaca bagasi belakang yang dapat dibuka terpisah serta warna two tone.

3. Nissan Spirit (S1-S2-S3), GrandRoad (G1-G2-G3), KingsRoad

Tahun 2003 Nissan Terrano mengalami facelift kembali dimana model bumper yang tadinya besi menjadi polyutherine, grill berubah, lampu depan dan belakang kristal dan perubahan desain velg. Perubahan drastis ini membuat Nissan Terrano lebih “manis” tampilannya. Varian menjadi dinamakan sebagai Nissan Terrano Spirit (S1-S2-S3), GrandRoad (G1-G2-G3), dan KingsRoad.

Untuk masalah mesin, Nissan Terrano masih setia menggunakan karburator sampai produksinya tahun 2006. Namun, masalah perawatan Nissan Terrano sangatlah mudah sehingga tidak merepotkan pemiliknya. Sparepart atau suku cadangnya juga mudah didapat dengan harga yang murah. Ini menambah nilai plus di pasaran jika dibandingkan jenis SUV tipe lainnya.

Nissan Terrano yang telah eksis sejak era 90an beberapa kali mengalami revolusi guna penyempurnaan tampilan interior, ekterior, serta performa yang semakin tangguh. Pada tahun 2018 Nissan Terrano akan berevolusi kembali menjadi Nissan Terra. Nissan Terra dihadirkan dengan kualitas yang epik karena telah melewati beberapa generasi dalam ajang Peluncuran Nissan Terra Indonesia.