Mempunyai mobil baru memang menyenangkan. Rasanya tak sabar untuk bisa merasakan kenyamanan mobil baru Anda tersebut. Sayangnya, tak semua orang paham bahwa mobil baru benar-benar memiliki kondisi mesin yang masih “gres” sehingga tidak bisa diperlakukan semena-mena. Pasalnya, mengendarai mobil baru pada 1.000 km pertama akan sangat menentukan kondisi dan kualitas mobil ke depannya. Oleh sebab itu, hindari lima hal ini sebelum Nissan Lovers mengendarai mobil baru.

Mobil Baru
  • Menginjak Pedal Gas Terlalu Keras

Merasa excited untuk mengendarai mobil baru merupakan hal yang wajar, tetapi jangan biarkan perasan tersebut membuat Anda kebut-kebutan di jalan dan menginjak pedal gas terlalu keras. Hal tersebut dapat membuat mobil Anda mencapai level Rotation per Minute (RPM) yang kurang tepat. RPM menjadi acuan bagi Anda untuk memindahkan gigi secara tepat agar bisa mencapai kecepatan maksimum. Jika perpindahan gigi kurang pas, kecepatan mobil akan terpengaruh. Umumnya, batasan RPM untuk mobil baru haruslah di bawah level 3,500-4,500 dalam 1.000 km pertama.

  • Sering Berkendara Jarak Pendek

Ke mana Anda akan mengendarai mobil Anda? Sebaiknya, jangan gunakan mobil baru Anda untuk pergi ke tujuan-tujuan yang jaraknya sangat pendek. Pada 1.000 km pertama, mesin dari mobil baru Anda butuh “dipanaskan” secara konstan saat Anda mengendarainya. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan mobil baru untuk mengendarainya ke berbagai tujuan jarak pendek. Sebaiknya hindari perjalanan yang hanya memakan jarak 5 mil atau sekitar 8 km.

  • Mengganti Gigi RPM Menunjukkan Garis Merah

Bagi para pemilik mobil dengan transmisi manual, mengganti gigi saat berkendara memang paling optimal apabila dilakukan saat level RPM mendekati atau bahkan mencapai garis merah. Namun, hal tersebut sama sekali tidak berlaku pada mobil baru Anda. Khusus untuk mobil baru, Anda justru disarankan untuk tidak mengganti gigi saat level RPM menunjuk garis merah. Seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda mengganti gigi ketika RPM berada pada level 3,500-4,500 selama mobil baru belum mencapai jarak 1.000 km.

  • Digunakan Sebagai Derek

Jangan pernah menggunakan mobil baru Anda untuk menderek mobil atau angkutan lain, terutama jika mobil memang tidak didesain untuk fungsi tersebut. Aktivitas menderek akan membuat mobil baru Anda mengangkut lebih banyak beban sehingga mesin harus bekerja lebih keras. Padahal, seperti yang Anda tahu, hal tersebut sama sekali tidak dianjurkan pada mobil baru, terutama jika jarak yang ditempuh belum melampaui 1.000 km.

  • Berkendara saat Suhu Mesin Dingin

Seluruh bagian mesin mobil didesain untuk bekerja pada suhu optimal. Ketika Anda menyalakan mobil, mesin yang masih dingin akan membutuhkan waktu untuk mencapai suhu tertentu. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu sekitar 1-3 menit. Langsung mengendarai mobil sesaat setelah menyalakannya justru hanya akan membuat mesin bekerja lebih keras dan cepat rusak. Tidak hanya itu, efisiensi bahan bakar pun juga ikut terpengaruh.

Jadi, jangan sampai rasa tidak sabar Anda dalam mengendarai mobil baru justru mengurangi kualitas mobil tersebut. Apalagi jika mobil baru Anda adalah Nissan Elgrand yang memilki interior berkelas dan mewah, pasti rasanya tak sabar ingin menggunakannya terus. Namun ingat, perlakukan Nissan Elgrand Anda dengan kesabaran dan dijaga sebaik mungkin dengan menghindari lima poin di atas.