Pengemudi pada umumnya selalu ingin berkendara dengan nyaman. Posisi duduk pun diatur sedemikian rupa agar nyaman. Sayangnya, yang nyaman tak selalu aman. Banyak orang yang tidak sadar bahwa posisi duduk yang menurut mereka aman ternyata berbahaya bahkan meningkatkan risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan hingga kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri bagi Nissan Lovers, apapun jenis mobil yang digunakan.

 

Memahami Posisi Mengemudi Yang Benar

Pada dasarnya, pengemudi wajib memperoleh 3K dalam berkendara: Komunikasi, Kenyamanan, dan Kontrol. Posisi duduk, tangan, dan kaki adalah kunci menentukan posisi mengemudi yang benar. Lalu bagaimanakah posisi duduk dalam mengemudi yang benar dan aman? Berikut tips yang dilansir dari laman Otosia.

  • Posisi Duduk

Posisi duduk dapat dimulai dari jangkauan kaki terhadap pedal. Tolak ukur jarak kaki pada mobil manual adalah kaki yang menjangkau pedal kopling secara penuh. Sedangkan pada mobil matic, kaki harus bisa menginjak pedal rem secara penuh. Kemudian, aturlah sandaran punggung dengan meletakkan salah satu tangan di arah jam 12 kemudi dengan posisi lurus. Sandaran harus bisa menempel merata di punggung pengemudi, dari bahu hingga pinggang.

Ketika posisi duduk sudah sempurna, dari sini Anda dapat mengatur safety belt, posisi kaca spion, hingga menyalakan sistem audio. Pastikan hal-hal tersebut dilakukan sebelum mobil jalan.

  • Posisi Tangan

Arah jam merupakan cara yang mudah dalam mendeskripsikan posisi tangan yang benar ketika mengemudi. Pastikan posisi tangan berada pada arah jam 9-3 atau 10-2. Dua posisi ini merupakan posisi yang paling aman dalam berkendara. Sangat direkomendasikan untuk memposisikan tangan dengan posisi 9-3 karena posisi ini menjangkau tuas-tuas kontrol di sekitar kemudi. Selain itu, tenaga yang digunakan untuk memutar kemudi juga jauh lebih ringan.

Hindari mengemudi dengan satu tangan, tangan berada di bagian dalam lingkar kemudi atau dua tangan berada dalam satu titik (biasanya di bagian arah jam 6 kemudi). Disarankan pula untuk tidak menggunakan bola pemutar kemudi seperti pada setir alat berat karena berpotensi mencederai ibu jari serta menghalangi kontrol setir.

  • Posisi Kaki

Penentuan posisi kaki tergantung pada jenis mobil yang digunakan. Pada mobil manual, usahakan kaki kiri berada di footrest, tidak menempel di pedal kopling. Sedangkan pada mobil matic, kaki kiri harus sepenuhnya berada di footrest, hanya kaki kanan yang bekerja untuk menekan pedal rem dan gas. Tetapkan posisi kaki kanan yang benar, yakni tegak lurus di pedal rem dan miring ke kanan ketika menginjak pedal gas. Tumit harus menempel lantai mobil dan tidak boleh bergeser.

Memposisikan tubuh secara baik dan benar akan membantu Anda meningkatkan keamanan dalam mengendarai mobil. Nissan Juke mendukung posisi aman ini dengan kursi pengemudi yang bisa diatur dengan mudah. Selain itu, tombol audio system tak lagi jadi masalah dengan Steering Switch Audio Control sehingga pengaturan sistem dapat dilakukan tanpa melepas tangan dari setir.