1

Blind Spot Warning adalah sebuah fitur pada The All New Nissan Terra yang dirancang khusus supaya Anda bisa pindah jalur dengan percaya diri. Fitur ini membantu Anda tetap terjaga dari blind spot dan mengingatkan Anda jika ada kendaraan yang datang dari titik tersebut.

Blind zone atau yang juga sering disebut blind spot adalah suatu area dimana area tersebut berada di luar sudut pandang pengendara mobil, baik melalui mata maupun melalui kaca spion. Tentu saja akan sangat mebahayakan jika kita dihadapkan pada keadaan seperti ini. Apalagi, ketika kita sedang berada di jalan raya yang memiliki beberapa jalur.

Berbicara mengenai blind zone ada tips untuk Anda mengenai cara mengantisipasinya.  Blind spot memang menjadi perhatian di dunia safety driving karena ada dua cara preventif yang harus kita lakukan saat menemunya. Cara pertama datang dari pengemudi itu sendiri, sedangkan cara kedua dihasilkan oleh sebuah teknologi canggih.

Jika dilihat dari cara pertama, yaitu kita sebagai pengemudi, Anda perlu melakukan shoulder check yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Ketika akan melakukan manuver untuk pindah ke jalur lain, biasanya yang kita lakukan hanya memasang lampu sein, melihat kaca spion di kiri dan kanan, serta melihat spion di atas.

Namun ada satu langkah lain yang kerap kita lupakan, yaitu menerapkan shoulder check, di mana kita harus menolehkan kepala ke arah bahu kanan untuk memastikan bahwa tidak ada mobil di samping kita.

Blind spot seringkali terjadi di jalan raya dan biasanya tidak terbaca oleh kaca spion, padahal kendaraan tersebut ada di samping kita. Umumnya, jarak blind spot itu berada sekitar 2 meter dari mobil kita (pada pilar B atau sisi belakang pengemudi).

Biasanya di spion tidak terlihat, bahkan ketika kita shoulder check. Maka dari itu, ada cara preventif yang diciptakan oleh teknologi untuk semakin membantu kita mencapai tingkat keamanan maksimal guna menghindari blind spot.

Karena itu, kita bisa masuk pada cara kedua, yakni mengoptimalkan kinerja dari teknologi Blind Spot Warning (BSW) yang tersedia pada mobil SUV The All New Nissan Terra. Teknologi BSW pada umumnya menggunakan sebuah sensor yang diletakkan di bawah kaca spion.