Saat Anda menguap, ngantuk, dan merasa sulit menjaga mata tetap terbuka, itu adalah tanda tanda tubuh kelelahan dan butuh waktu untuk beristirahat. Jangan abaikan tanda-tanda ini ketika Anda sedang mengendarai mobil dalam perjalanan jauh. Ada baiknya, Anda beristirahat sejenak di mobil selama kurang lebih 30 menit. Pertimbangkanlah hal hal berikut:

1. Cari Lokasi Aman

Carilah lokasi yang aman untuk parkir mobil. Seperti tempat parkir atau halaman di tempat-tempat keramaian seperti masjid, restoran, sekolah, kampus, mall, SPBU, mini market, dan rest area. 

2. Menghindari Tempat Berisiko

Jangan sembarangan beristirahat di bahu jalan atau di pinggir jalan dengan kondisi ban menyentuh aspal bahu. Hal ini berisiko dapat ditabrak atau diserempet kendaraan lain yang melintas. Tempat sepi seperti pinggir taman, hutan, dan bangunan kosong juga harus dihindari karena tempat ini rawan perampokan dan pencurian.

3. Sembunyikan Barang Berharga

Sembunyikan barang bawaan Anda yang mengundang orang-orang berniat jahat. Simpan dompet, tas, HP, uang, dan sebagainya di bawah kursi dan laci mobil. Kosongkan semua barang di dashboard karena tempat ini paling mudah terlihat dari luar.

4. Buka Jendela

Buka jendela sedikit saja untuk menjaga sirkulasi udara. Buka jendala yang cukup untuk pergantian udara namun tidak melebihi dua jari Anda.

5. Matikan Mesin dan AC

Ada banyak kejadian driver yang meninggal dunia akibat tertidur di mobil dalam keadaan mesin dan AC menyala karena menimbulkan racun gas monoksida yang membahayakan Anda. Jadi, sangat disarankan untuk mematikan mesin dan AC mobil.

6. Kunci Semua Pintu

Saking mengantuknya, bisa jadi Anda lupa mengunci pintu mobil. Pastikan Anda mengunci semua pintu untuk keamanan diri Anda.

7. Cari Tempat Teduh

Bila Anda ingin beristirahat di siang hari, carilah tempat yang tidak hanya aman tetapi juga teduh. Selain Anda tetap merasa nyaman, mobil juga tidak akan kepanasan.

8. Atur Posisi Kursi

Mobil Nissan didesain senyaman mungkin dengan menggunakan bahan kursi yang berkualitas serta pengaturan kursi yang dibuat dengan proposional. Dorong jok mobil sejauh mungkin ke arah belakang dan rebahkan sandaran punggung sampai Anda mendapatkan posisi paling nyaman bagi tubuh.

9. Menyegarkan Tubuh

Nah, apabiila Anda sudah selesai beristirahat, jangan langsung berkendara. Turun dan lemaskan otot-otot Anda serta minum air putih. Bila ada kamar mandi umum di dekat tempat mobil parkir, basuh muka Anda agar kembali segar.