Sistem pengereman adalah salah satu faktor terpenting dalam keselamatan berkendara. Di saat cuaca hujan, tida ada salahnya Anda lebih memperhatikan sistem pengereman mobil secara teliti. karena ketika menggunakan sistem pengereman pada kondisi kering, kotoran yang berupa debu bisa menumpuk pada bagian brake pad dan pada saat kotoran tersebut terkena air hujan bisa mengakibatkan sistem pengereman mobil bekerja tidak maksimal.

Kasus yang paling sering ditemukan akibat dari kotoran yang terkena air hujan tersebut ialah terjadinya bunyi yang dapat berupa suara decitan saat melakukan pengereman. Untuk menghilangkan suara decitan tersebut, Anda perlu membersihkan kotoran yang terdapat pada sistem pengereman. Cara terbaik untuk membersihkan kotoran itu adalah dengan membawa mobil ke bengkel terpercaya. Untuk perawatan rem di bengkel dapat Anda lakukan pada setiap kelipatan 20.000 KM.

Namun Anda juga bisa membersihkannya sendiri menggunakan brake cleaner. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Mulailah dengan mendongkrak mobil lalu melepaskan ban mobil satu per satu, kemudian semprotkan brake cleaner ke bagian permukaan disc brake kemudian dilanjutkan ke kaliper. Kotoran-kotoran yang menumpuk tersebut akan terlepas dan mengalir bersama cairan brake cleaner.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa mobil yang menggunakan jenis rem teromol jauh lebih terjaga kebersihannya, karena dibuat dengan konstruksi yang tertutup sehingga membuatnya lebih terlindungi dari kotoran. Salah satu mobil yang memiliki jenis rem tromol ialah mobil Nissan Juke.

Nissan Juke tidak hanya memiliki jenis rem teromol, namun juga mengadopsi sistem pengereman ABS (Anti-Lock Brake System) yang berfungsi mencegah terjadi ban yang terkunci saat pengereman mendadak , EBD (Electronic Brake-Force Distribution) yang dapat menyesuaikan bobot kendaraan sehingga pengereman menjadi lebih efektif dan efisien, dan BA (Brake Assist) yang memberikan kemampuan optimal saat pengendara melakukan pengereman yang mendadak.