Apakah Nissan Lovers bersedia menghirup udara yang dicemari asap tebal kebakaran hutan? Pasti tidak ada yang mau meskipun hanya sebentar. Warnanya yang gelap dan menyesakkan pernafasan membuat pemakaianya langsung waspada akan bahaya udara yang kita hirup. Anda bisa dengan mudah menghindari udara tercemar yang jelas terlihat bahayanya, namun Anda mungkin tidak sadar kalau selama ini bisa jadi menghirup udara berbahaya ketika berada di dalam mobil.

Selama berada di mobil, udara yang kita hirup terbatas dari apa yang ada di ruangan dan yang keluar dari AC. Tidak banyak yang tahu, tetapi di dalam mobil ada saringan udara yang biasa disebut filter kabin. Berikut seluk-beluk mengenai filter kabin.

Letak Filter Kabin

Letaknya tersembunyi sehingga kita lupa akan keberadaannya. Biasanya kabin filter ini dipasang tak jauh dari posisi AC, tepatnya di belakang laci pada dashboard mobil. Untuk lebih tepatnya, buka buku manual mobil Anda.

Kegunaan Filter Kabin

Pencemaran udara akan berakibat buruk bagi tubuh, terutama bila udara tercemar tersebut dihirup terus-menerus dalam jangka waktu lama. Ada beberapa bagian tubuh yang berpotensi terkena efek buruk akibat akibat udara tercemar, di antaranya adalah hidung, paru-paru, dan penglihatan. Karena itu filter kabin berfungsi untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Cara Kerja Filter Kabin

Filter kabin akan menyaring udara di dalam mobil dari pencemaran, baik yang berasal dari dalam maupun luar mobil. Sumber polusi udara dari dalam kabin berasal dari jamur dan bakteri (akibat AC kotor atau kabin terlalu lembap) serta asap rokok (bila ada yang merokok di dalam kabin mobil). Sedangkan sumber polusi udara dari luar kabin berasal dari asap knalpot kendaraan, debu, dan partikel-partikel dari jalanan.

Usia Filter Kabin

Filter kabin memiliki usia pakai, idealnya diganti setiap 10.000 km. Meskipun ada banyak yang mengatakan kalau filter kabin bisa dibersihkan dan tak perlu diganti, jangan tergoda. Menghemat sekian rupiah tidak sebanding dengan mengorbankan kesehatan tubuh Anda sekeluarga.

Nissan Lovers, bukan berarti Anda boleh mengabaikan kebersihan mobil meski sudah ada filter kabin. Usahakan selalu untuk tidak merokok di dalam mobil, jaga kebersihan AC, dan jaga tingkat kelembapan mobil supaya tidak ada polutan yang menempel serta jamur dan bakteri yang tumbuh lalu mencemari udara kabin.