Nissan Lovers pernah melihat mobil mogok dengan kap mesin terbuka disertai asap putih mengepul? Kemungkinan besar hal itu terjadi karena radiator yang tidak dirawat sehingga suhu mesin mengalami overheat. Radiator adalah salah satu dari tiga penunjang sistem pendingin mesin mobil. Agar terhindar dari permasalahan tersebut, rawat radiator mobil Anda dengan tips berikut ini:

Tutup Radiator

Dimulai dari tutupnya. Terkesan sepele, padahal bagian ini cukup penting. Apabila pegas dan karet penyekat tutup mengalami kerusakan, maka temperatur mesin mobil dapat langsung naik.

Kisi-kisi Udara

Perhatikan bagian luar radiator. Kisi-kisi yang terlihat di sini bertugas sebagai jalur keluar masuk udara. Apabila kisi-kisi kotor, arus angin bisa terhambat dan pendinginan mesin tidak maksimal. Bersihkan dengan menggunakan kuas halus dan menekannya secara ringan.

Selang

Komponen ini adalah penghubung utama antara mesin dan radiator. Daya tahan selang akan terus menurun karena selalu terpapar tekanan air dan suhu tinggi. Bila ada potensi kebocoran, langsung ganti sebelum menjadi lebih parah.

Klem Selang

Klem selang radiator biasanya terbuat dari besi atau baja. Bagian ini sangat vital karena akan menjaga selang tidak terlepas atau mengalami kebocoran. Pastikan klem mengikat dengan kuat tapi tidak terlalu ketat yang berpotensi menyobek selang.

Kipas Pendingin

Kipas berfungsi untuk membuang panas pada mesin. Pastikan kondisi cairan silicon dan tali kipas selalu dalam kondisi baik.

Bagian Dalam

Bagian dalam radiator rentan akan karat, terlebih lagi bila mobilnya sudah berumur lebih dari lima tahun. Karat yang menggumpal bisa menghambat bahkan melumpuhkan pendinginan. Lakukan pencegahan dengan menguras air radiator minimal setahun sekali.

Pompa Oli

Terakhir, rawat pompa oli. Sama halnya dengan kisi-kisi radiator, pompa oli yang tersumbat bisa mengakibatkan peningkatan suhu mesin secara drastis dan bisa menyebabkan mobil mati tiba-tiba.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi  radiator demi kenyamanan berkendara bersama mobil Nissan Anda. Agar kondisi tersebut dapat terjaga dengan baik, kunjungi bengkel resmi Nissan untuk mengecek kondisi mesin secara berkala.