Beberapa pengendara memilih untuk mengunci setir mobil saat meninggalkan mobil di tempat parkiran. Kunci setir yang dimaksud di sini bukanlah kunci dengan menggunakan alat, melainkan kunci setir secara otomatis. Yaitu setelah kunci mobil, sang pengemudi biasanya memutar setir telebih dahulu (60 - 75 derajat) sampai setir mobil tak dapat digerakan kembali. Hal tersebut dipercaya beberapa orang akan membuat mobil mereka lebih aman.

 

Namun, pendapat tersebut nyatanya juga menimbulkan kontroversi. Posisi kunci setir mobil tersebut justru dianggap oleh beberapa orang dapat merusak kondisi power steering mobil. Ya, mereka menganggap kondisi ban yang tidak lurus saat setir terkunci bisa memengaruhi power steering. Jika Anda ikut berpikiran seperti itu, Anda telah salah mengira.

 

Keadaan setir yang terkunci nyatanya tak berbahaya bagi kondisi power steering mobil Anda. Pasalnya, power steering pada mobil tidak memiliki keterkaitan jelas dengan kondisi setir mobil. Sebaliknya, mengunci setir mobil justru dapat memberikan Anda berbagai manfaat, khususnya bagi keamanan kendaraan Anda.

 

Salah satunya ialah saat memarkirkan kendaraan di daerah tanjakan maupun turunan. Ketika terpaksa harus parkir dalam kondisi menanjak ataupun menurun, Anda bukan hanya perlu mengaktifkan rem tangan maupun mode parkir saja, Anda pun perlu mengunci setir mobil. Dengan mengunci setir ke arah trotoar, ini dapat menghindari kondisi jika mobil turun dengan tidak sengaja.

 

Tak hanya itu, dengan mengunci setir mobil, Anda juga bisa menghindari mobil dari pencurian.  Bagaimana tidak? Untuk mengaktifkan kembali setir agar dapat bekerja, kunci mobil harus terlebih dahulu dimasukan. Dengan begitu, setir mobil pun akan dapat kembali berputar dengan normal. Karena itulah, upaya pencurian pun akan lebih sulit untuk dilakukan jika setir mobil Anda telah terkunci.


Nah, untuk Anda yang selama ini menganggap bahwa mengunci setir dapat merusak power steering mobil kini sudah tidak perlu khawatir lagi. Apalagi jika Anda menggunakan Mobil Pilihan Keluarga Indonesia yaitu Nissan Grand Livina. Dengan adanya teknologi rack and pinion with EPS (Electronic Power Steering) di dalamnya, Anda tak perlu takut lagi jika harus mengunci setir Anda. Tak hanya itu, soal keamanan Nissan Grand Livina sudah pasti tak perlu diragukan. Adanya keyless entry with alarm dan juga shock sensor akan membuat Anda dan keluarga lebih tenang soal keamanan mobil.