Ban merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang wajib untuk diperhatikan bagi pengendara. Ketika ban sudah gundul, sangat disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Kenyataannya, pengemudi hanya mengetahui ban baru dan ban lama. Bahkan, 80% pembeli ban tak mengerti bahwa ban memiliki karakter yang berbeda.

 

Sangat penting untuk memahami karakteristik ban mobil sebelum membelinya. Ada dua aspek yang disorot dalam pemilihan ban, yakni aspek kualitas ban ketika kontak dengan air serta aspek kebisingan yang dimiliki. Ban yang sunyi pasti kurang baik bila berada di jalanan basah. Sebaliknya, ban yang bagus digunakan di jalanan basah biasanya  kurang nyaman saat digunakan ketika melaju kencang.

Ada tiga karakteristik utama pada ban mobil yang wajib Anda ketahui, antara lain directional, simetris, dan asimetris. Apa keunggulan masing-masing karakteristik ban?

  • Directional Design

Ban yang memiliki ulir directional sangat efektif dalam menyibak air dari jalanan. Ulir ban yang mengarah ke luar dan umumnya berlawanan dengan arah kelajuan memberikan daya cengkeram pada jalan yang lebih kuat meski kondisi jalan sedang basah dan licin. Semakin lebar ulir yang dibuat maka semakin bagus untuk menyibak air di jalanan.

Sayangnya, lebar ulir mempengaruhi kebisingan ban saat kontak dengan jalan sebab arah ulirnya yang berlawanan. Ban yang bising umumnya menimbulkan rasa kurang nyaman karena lebih sering bergetar serta lebih berisik. Hal ini disebabkan oleh udara yang terjebak di antara ulir dan jalan.

  • Desain Simetris

Ban dengan ulir simetris memiliki bentuk yang teratur dan rapi. Ceruk-ceruk yang dimiliki oleh permukaan ban umumnya berukuran lebih kecil sehingga memperkecil suara pada ban. Ban dengan desain ulir yang simetris memang jauh lebih sunyi karena dikhususkan untuk jalanan yang kering. Gesekan yang timbul pada ban dan jalanan tak terlalu mengganggu. Meski begitu, penggunaan ban dengan desain ulir simetris masih kurang bagus ketika berada di jalanan basah karena mudah selip.

  • Desain Asimetris

Ban dengan desain asimetris merupakan ban yang mengombinasikan antara kenyamanan berkendara dan kemampuan melaju di tengah jalan basah. Desain ulir yang dimiliki oleh ban asimetris terdiri dari dua bagian: setengah bagian didesain untuk kondisi jalan basah sedangkan setengahnya yang lain untuk menjamin kenyamanan dalam berkendara.

Saat ini penggunaan ban ini sudah mulai marak dimiliki  kalangan para pengendara mobil. Model 2-in-1 yang ditawarkan oleh ban dengan ulir asimetris memberikan kenyamanan dalam penggunaannya sekaligus jadi daya tarik utama. Soal harga, ban dengan model ini cukup mahal bila dibandingkan dengan model-model ban lainnya.

Itulah beberapa karakteristik ban yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli ban baru. Pilihlah ban yang sesuai dengan kebutuhan berkendara serta rute perjalanan yang biasa Anda lewati.

Nah, apabila Anda melewati rute perjalanan yang menanjak dan butuh tenaga ekstra, maka Nissan Navara adalah mobil yang Anda butuhkan. Selain ulir ban yang sesuai dengan kondisi jalan, mekanisme 4 wheel drive yang dibawa oleh Nissan Navara juga membawa kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.