Penggunaan power window saat ini sudah umum diterapkan di pintu mobil-mobil keluaran terbaru. Penerapan power window dianggap mampu meningkatkan keamanan saat berkendara karena konsentrasi pengemudi tidak akan terpecah ketika ingin membuka atau menutup kaca pintu mobil. Penggunaan tuas putar pun lantas menjadi teknologi yang kuno.

Meski teknologi ini tergolong canggih, namun tak menutup kemungkinan bahwa power window bisa rusak tiba-tiba. Kerusakan tersebut dapat terjadi bahkan karena hal yang sepele. Kenapa alsannya?

  • Penyebab Power Window Tidak Berfungsi

Pernahkah Nissan Lover mengalami kejadian saat power window Anda tiba-tiba tidak berfungsi sama sekali? Padahal, baru saja kemarin menggunakan mobil tersebut dan tidak ada masalah satu pun. Yang lebih aneh lagi, power window macet hanya pada satu bagian saja, tidak pada pintu lain.

Penyebab power window bisa saja disebabkan karena sistem kelistrikan pada power window yang mengalami korsleting atau mungkin sekring yang putus. Bila hal tersebut terjadi, umumnya power window akan mati secara keseluruhan. Untuk sekring yang putus dapat diganti baru. Namun bila ada sistem kelistrikan power window yang rusak, sangat disarankan untuk membawanya ke bengkel resmi Nissan.

  • Risiko Terbakar Pada Power Window

Ada kalanya power window yang macet disebabkan oleh hal yang sepele, yakni grease atau gemuk yang sewajarnya melumasi poros motor power window mengeras dan membuat motor menjadi macet. Bila dipaksakan untuk digerakkan, bukan tidak mungkin motor power window akan rusak dan terbakar, apalagi ketika tombol power window ditekan dalam waktu lama.

Penyebab utama kerasnya grease pada motor power window adalah karena mobil dijemur di bawah terik matahari. Tidak ada penutup yang melindungi mobil sehingga grease mengering dan akhirnya mengeras seperti tanah liat. Akibatnya, motor penggerak jadi macet bahkan tidak bergerak sama sekali. Itulah sebabnya Anda wajib melindungi mobil setidaknya dengan penutup mobil atau lebih baik lagi diparkir di bawah peneduh seperti pohon atau teras rumah berkanopi.

Perawatan dan penanganan pada dasarnya tidak hanya harus diterapkan untuk mesin mobil saja. Memang penting menjaga kondisi mesin mobil sehingga tetap dapat melaju dengan optimal. Namun yang tak kalah pentingnya adalah memeriksa hal-hal detail penting meskipun tidak berhubungan langsung dengan mesin, salah satunya adalah kondisi motor power window. Dengan begitu, semua fungsi yang terdapat pada mobil tetap bisa digunakan dengan baik dan efektif.

Menjaga kinerja efektif power window sangat penting dilakukan agar kenyamanan berkendara terjamin dengan baik. Agar berkendara semakin nyaman dan menyenangkan, gunakan mobil yang mengedepankan keamanan tersebut. Menggunakan mobil Nissan Serena sangat nyaman dan aman karena memiliki fitur multifungsi, salah satunyafitur  panoramic window yang menjadikan perjalanan kendaraan Anda serasa tidak berada dalam mobil tanpa harus membuka jendela mobil Anda.