Nissan Lovers, apa yang biasanya dilakukan sebelum mengendarai mobil? Memanaskan mesin saja ternyata tidak cukup. Sebelum melakukan itu, ada satu ritual yang seharusnya rutin dilakukan, yaitu mengecek lima cairan pada mobil. Apa saja?

  • Minyak Rem

Tahukah Anda bahwa minyak rem mampu menyerap kelembapan? Hal tersebut membuatnya memiliki jangka waktu pemakaian. Umumnya, minyak rem pada mobil mampu bertahan hingga sekitar tiga tahun. Namun, sayangnya, ternyata masih cukup banyak pemilik mobil yang tidak pernah mengganti minyak rem mereka. Padahal, minyak rem merupakan salah satu bagian dari sistem tertutup mobil dan tidak seharusnya habis. Minyak rem inilah yang membantu Anda untuk menyesuaikan penggunakan rem pada mobil. Apabila ketika dicek ternyata minyak rem Anda memiliki kadar yang rendah, artinya mobil Anda mengalami masalah.

  • Oli Gardan

Sesuai dengan namanya, oli satu ini terletak di bagian gardan atau bagian bawah mobil. Biasanya, penggantian oli gardan dilakukan bersamaan dengan oli transmisi, yakni setelah 10.000-20.000 km atau 2-3 kali penggantian oli mesin. Hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengganti oli gardan adalah kekentalannya. Oleh sebab itu, Anda wajib menyesuaikan oli gardan dengan yang dianjurkan oleh pihak produsen mobil Anda.

  • Pendingin

Cairan pendingin pada mobil akan meluas ketika dipanaskan sehingga suhu mesin memengaruhi level pada tangki pendingin. Umumnya ada tanda tertentu pada tangki yang mengindikasikan suhu tersebut. Mayoritas mobil menggunakan cairan khusus pada pendingin mobil mereka. Di pasaran, ada cukup banyak tipe yang tersedia. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan tipe yang benar-benar tepat untuk mobil Anda. Ingatlah untuk melakukan pengecekan cairan pendingin ketika mesin sedang dalam keadaan dingin.

  • Air Radiator

Mengecek air radiator merupakan hal yang wajib Anda lakukan setiap sebelum memanaskan mesin mobil. Cek seberapa banyak air yang ada pada radiator mobil Anda. Anda juga bisa mengeceknya dari wadah penampungan air radiator yang diletakkan terpisah dari radiator tersebut. Apabila memang jumlahnya terlihat kurang, segera isi hingga batas yang disarankan. Jangan terlalu berlebihan. Selain air radiator, Anda juga sebaiknya mengecek cairan wiper agar bisa segera membersihkan kotoran yang muncul pada kaca depan mobil Anda.

  • Oli Transmisi

Oli transmisi tidak sama dengan oli mesin. Apabila oli mesin memiliki fungsi utama untuk mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, maka oli transmisi merupakan pelumas yang digunakan pada sistem transmisi. Fungsinya adalah mempermudah pergantian transmisi mobil dan merawat komponen transmisi agar tidak mudah aus, baik untuk mobil manual maupun matic. Umumnya, oli transmisi manual bisa bertahan hingga 10.000 km, sedangkan pada mobil matic bisa bertahan hingga 20.000 km.

Mulai sekarang, tidak ada lagi alasan kehabisan minyak rem, oli, atau cairan lain pada mobil. Selain kelima cairan yang disebutkan di atas, jangan lupa juga untuk mengecek bensin. Jadi, pastikan mobil Nissan Evalia Anda selalu terjaga dan terawat dengan rutin mengecek cairan-cairan tersebut.