Seberapa paham Nissan Lovers dengan fungsi pada komponen mobil? Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum memahami fungsi dari beberapa komponen pada mobil. Salah satu komponen yang sering dibicarakan namun tak banyak orang tahu kegunaannya adalah spoiler mobil.

 

Sering orang berpendapat bahwa spoiler mobil hanyalah aksesori yang menambah estetika sebuah mobil. Ketika mobil dipasang poiler, secara instan mobil terlihat lebih sporty. Sebenarnya bukan hanya penampilan saja yang menjadi efek dari spoiler, melainkan juga performa mobil itu sendiri. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari spoiler pada mobil?

  • Fungsi Penting Spoiler

Spoiler adalah salah satu komponen pada mobil yang memengaruhi aerodinamika pada mobil. Spoiler berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Gaya angkat yang terjadi pada mobil mampu membuat mobil melayang dan tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol.

Selain menambah tekanan bawah saat melaju kencang, spoiler juga mampu meningkatkan pengendalian mobil. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya efek aerodinamis yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan.

Spoiler biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Untuk mobil sedan, biasanya spoiler ditempelkan di atas pintu bagasi. Sedangkan untuk mobil yang tidak memiliki bagasi belakang (hatchback), maka spoiler diletakkan di atap belakang atau berada tepat di atas kaca belakang.

Pemasangan spoiler pada mobil harus diimbangi juga dengan pemasangan spoiler di bagian depan dan samping. Pemasangan spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak tentu arah dan terkadang mengubah haluan mobil ketika melaju kencang. Spoiler depan biasanya menempel pada bagian bemper, sedangkan spoiler samping berada tepat di bagian panel bawah pintu di sisi kiri dan kanan.

  • Tak Boleh Asal Pasang

Saat ini banyak dijual spoiler di pasaran. Beberapa produsen mobil bahkan mengembangkan spoiler yang mampu mengembang ketika mobil mencapai kecepatan 100 km per jam sehingga mobil akan lebih stabil saat melaju.

Tak hanya dari keluaran pabrikan, spoiler juga diproduksi sebagai produk aftermarket dan menjadi komponen penting modifikasi. Jadi, ketika mobil Anda memang tidak dilengkapi dengan spoiler, Anda tetap dapat menambahkan komponen ini. Meski begitu, spoiler tersebut masih belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan desain mobil ber-spoiler keluaran pabrik.

Belum lagi dengan risiko pemasangan spoiler yang salah. Kesalahan dalam memasang spoiler yang asal-asalan justru dapat menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar. Jadi, pastikan untuk memasang spoiler secara baik dan benar di tempat yang terpercaya,

Nissan memberikan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tampil sporty dengan mobil ber-spoiler tanpa perlu mengambil risiko modifikasi. Sebut saja, Nissan Juke Revolt II dan Nissan March yang sudah dilengkapi spoiler di bagian belakang sehingga tetap stabil dan nyaman ketika berkendara dalam kecepatan tinggi serta tidak mempengaruhi konsumsi bahan bakar.