Banyak orang mengeluh tentang bau rokok dalam kabin mobil, bau rokok ini sangatlah mengganggu kenyamanan dalam perjalanan. Untuk mengurangi bau rokok biasanya pengendara akan membuka kaca jendela saat perjalanan, padahal hal ini belum tentu bisa mengusir bau rokok yang ada di dalam kabin mobil. Jika bau rokok ini tidak segera diatasi maka kesehatan dan kenyamanan penumpang di dalam mobil bisa terganggu.

Sebernarnya ada banyak cara untuk menghilangkan bau rokok di kabin mobil, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga, kulit jeruk, dan lain sebagainya. Namun bahan-bahan alami ini cenderung kurang praktis dalam penggunaannya. Nissan Lovers tidak perlu cemas lagi akan masalah bau rokok ini, karena bau rokok bisa disingkirkan dengan beberapa langkah. Berikut ini ialah tips otomotif untuk hilangkan bau rokok di kabin mobil:

1.   Bersihkan Bagian Kabin Secara Menyeluruh

Tips pertama yang bisa Anda
lakukan adalah membersihkan bagian kabin mobil secara menyeluruh sampai ke bagian-bagian yang tak terlihat. Anda bisa menggunakan sapu kecil dan penyedot debu untuk membersihkannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kabin depan dari sudut-sudut hingga bagian bawah jok mobil. Jangan lupa untuk membersihkan lipatan jok karena biasanya akan ada banyak kotoran di situ. Lalu dilanjutkan pada bagian belakang hingga bawah karpet. Dengan membersihkan kabin secara menyeluruh, maka sumber dari bau akan sedikit berkurang.

2.   Periksa Saluran AC

Tips yang harus dilakukan selanjutnya adalah memeriksa fungsi dan keadaan saluran AC pada mobil. Sering kali kita menjumpai kabin yang bersih namun masih tercium bau asap rokok, hal ini bisa terjadi karena saluran AC tidak bekerja dengan baik. Untuk itu Anda dapat membersihkan filter AC secara manual dengan melepasnya kemudian sikat menggunakan kuas. Filter AC sangat rentan terhadap air sehingga jangan sampai terkena air apalagi mencucinya. Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menyemprotkan angin pada filter tersebut. Bila perlu Anda datang ke tempat perbaikan AC mobil untuk mengoptimalkan fungsi AC mobil Anda.