Dunia otomotif saat ini nyatanya tak hanya identik dengan pria, tetapi juga wanita. Tuntutan gaya hidup serta sarana yang mendukung membuat banyak melahirkan pengemudi wanita. Meskipun begitu, banyaknya pengemudi wanita masih kerap dianggap sebagai "pengacau" di jalan. Entah cara mengemudi yang lamban, atau cara parkir yang sembarang, pengemudi wanita kerap melakukan beberapa kesalahan.

 

Tanpa disadari oleh dirinya sendiri, pengemudi wanita kerap membahayakan dirinya sendiri bahkan pengemudi lainnya. Kali ini Nissan akan memberikan info otomotif mengenai beberapa kebiasaan membahayakan yang kerap dilakukan oleh pengemudi wanita saat berkendara.

1. Aksesori Mobil yang Berlebihan

Saat memiliki mobil pribadi, Anda tentu bebas mengkreasikan tampilan sesuai keinginan Anda. Namun, beberapa wanita justru kerap menyalagunakan hal ini. Mereka kerap kali menaruh berbagai aksesori demi mempercantik tampilan interior mobil seperti menaruh pajangan maupun boneka. Hal tersebut boleh dilakukan, asalkan tidak mengganggu kegiatan mengemudi Anda. Hindari meletakan aksesori di sekitar rem tangan ataupun yang bisa menghalangi pandangan belakang dan kaca spion.

2. Mengabaikan Kondisi Mobil

Hal yang satu ini sering juga dilakukan para wanita. Alih-alih mahir mengemudi, mereka justru mengabaikan hal lainnya yaitu merawat kondisi mobilnya. Beberapa wanita kerap lupa untuk menjaga kondisi komponen mobil seperti oli, air radiator, kondisi ban, dan lainnya. Padahal, hal ini bisa berbahaya jika dibiarkan terus-menerus. Atas dasar itu, saat memutuskan untuk mengemudi, Anda pun wajib sadar akan kondisi mobil Anda.

3. Tidak Memerhatikan Kondisi Sekitar

Hal lain yang kerap dilakukan pengemudi wanita adalah tidak memperhatikan kondisi sekitar. Para wanita kerap abai untuk melihat kanan atau kiri saat ingin melajukan mobilnya. Beberapa dari pengemudi wanita pun kerap berhenti mendadak tanpa memikirkan kendaraan di sekitarnya. Hal ini sebaiknya lebih diperhatikan oleh para wanita dan tentunya pengemudi pria.

4. Menggunakan Pakaian dan Sepatu yang Tidak Nyaman

Demi penampilan yang cantik, beberapa wanita rela mengabaikan kenyamanannya saat mengemudi. Contohnya memakai sepatu hak ataupun rok yang terlalu ketat. Selain membuat kurang nyaman, kondisi berpakaian seperti itu bisa membahayakan Anda saat mengemudi. Jadi penting sekali untuk mengenakan , pakaian dan alas kaki yang nyaman dan aman.

5. Posisi Duduk yang Salah

Selain itu, beberapa wanita ternyata kerap terlihat ada pada posisi duduk yang salah saat mengemudi. Ya, posisi duduk yang terlalu dekat dengan setir nyatanya bisa berbahaya. Pergerakan tangan dan kaki tentunya akan lebih sulit untuk dilakukan karena ruang yang amat sempit. Karena itulah, Anda perlu membiasakan untuk duduk dengan proporsi yang benar.

Kiranya hal-hal tersebutlah yang kerap dilakukan beberapa pengemudi Indonesia. Nah, Anda sebaiknya memperhatikan kembali cara mengemudi sehingga kegiatan berkendara akan semakin nyaman dan aman. Jika Anda penggemar mobil city car seperti Nissan March, Anda tentu sudah menikmati berbagai keuntungan mulai dari tampilan yang fashionable, fitur Intelligent Key, serta tampilan interior yang minimalis. Sangat cocok untuk wanita masa kini.