Merawat interior mobil memang menjamin kenyamanan dalam berkendara. Namun faktanya, bukan hanya kenyamanan saja yang akan Nissan Lovers dapatkan ketika merawat interior mobil, melainkan juga keamanan serta keselamatan dalam berkendara. Salah satu bagian interior mobil yang menjaga keselamatan saat berkendara adalah sandaran kepala.

  • Mengapa Sandaran Kepala Begitu Penting?

Bagi sebagian besar orang, sandaran kepala berfungsi sebagai penunjang kenyamanan selama berkendara. Siapa sangka, ternyata sandaran kepala memiliki fungsi lain dalam menjamin keselamatan pengemudi, khususnya saat terjadi kecelakaan. Ketika mobil ditabrak dari belakang, maka kepala dapat tersandarkan dengan baik sehingga leher tidak patah dan menyebabkan cedera parah. Leher yang patah bisa berakibat sangat buruk, bahkan berpotensi menyebabkan orang mengalami lumpuh.

Jadi sangat disarankan untuk mengatur sandaran kepala di mobil senyaman mungkin agar dorongan berbahaya yang disebabkan oleh tabrakan dari belakang dapat dicegah. Dengan begitu, risiko patah leher dapat berkurang dengan baik.

  • Trik Mengatur Sandaran Kepala

Posisi sandaran kursi yang tepat adalah setinggi kepala pengemudi. Ujung paling atas sandaran setidaknya harus mendekati ujung kepala. Atau bila tidak memungkinkan, bagian paling menonjol harus sejajar dengan telinga pengemudi. Anda pun tidak boleh bersandar langsung pada sandaran tersebut. Harus ada jarak tertentu, yakni sekitar 4 inci atau 10-12 cm dari sandaran kepala.

Sandaran yang terlalu pendek akan sangat membahayakan pengemudi. Ketika mengalami tabrakan dari belakang, kepala akan terdorong ke belakang dan leher melengkung ke belakang. Namun karena bantalan dari sandaran kepala, kepala pengemudi akan terpental. Tulang leher yang belum siap menerima hentakan tersebut akan meregang dan bukan tidak mungkin terjadi patah leher.

Ada juga hal-hal yang wajib Anda perhatikan untuk menghindari hempasan dari benturan bagian belakang. Pertama, pastikan untuk selalu mengenakan sabuk pengaman di setiap perjalanan baik itu jauh maupun dekat. Kedua, duduklah dengan tegap dan lurus agar sandaran kepala dapat menangkap kepala Anda ketika terjadi kecelakaan.

Selanjutnya, persiapkan diri ketika Nissan Lovers mulai merasa bahwa mobil belakang akan menabrak mobil Anda dengan memposisikan tubuh sebaik mungkin untuk mengurangi cedera. Dan yang terakhir, pilihlah mobil dengan fitur sandaran kepala yang sempurna.

Nissan X-Trail dilengkapi dengan sandaran belakang yang tak hanya terdapat pada kursi depan, melainkan juga di bangku tengah dan belakang. Selain itu, sandaran kepala yang dibekalkan berukuran lebih tinggi dan lebar sehingga kemungkinan kepala tertangkap oleh sandaran jadi lebih besar. Dengan begitu, mencegah risiko kecelakaan lebih baik.