Perjalanan menggunakan mobil seringkali menimbulkan kejenuhan. Nissan Lovers yang sering menembus kemacetan ibu kota atau bepergian luar kota pasti sering mengalami hal ini. Bayangkan rasanya kondisi seperti itu ditambah si kecil yang rewel karena jenuh, Anda semakin sulit menikmati perjalanan.

Keinginan menghindari rasa jenuh di perjalanan membuat semua orang berlomba-lomba membeli mobil yang memiliki fitur untuk menghilangkan kebosanan. Ketika Anda ingin memilih fitur-fitur hiburan di mobil, hati-hati dalam memilih karena tagihan penambahan fitur bisa membengkak dan bahkan sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan. Sebelum melakukan penambahan fitur hiburan, sebaiknya perhatikan dua hal ini:

KENALI KEBUTUHAN ANDA DAN KELUARGA

Sebelum membeli fitur hiburan, pikirkan dahulu kebutuhan seperti apa yang Anda dan keluarga inginkan untuk memasang fitur hiburan sebagai teman perjalanan. Kalau Anda dan penumpang sudah cukup terhibur dengan audio, buang jauh-jauh keinginan untuk menambah monitor. Sebaiknya,  Alihkan dana Anda untuk membeli audio file yang bisa dinyalakan saat bosan dengan radio.

Jika si kecil menjadi fokus utama, Anda memiliki dua pilihan. Satu, membeli tablet. Dua, melakukan pemasangan monitor atau Double-Din Head Unit. Bila Anda tidak ingin melakukan modifikasi pada mobil, pilihlah tablet. Bila Anda khawatir si kecil bisa merusak tablet, pasanglah monitor pada Headrest atau Double-Din Head Unit yang memiliki layar TV dan Touchscreen. 

SESUAIKAN DENGAN BUDGET

Semakin mahal Head Unit, semakin lengkap pula fiturnya. Cari tahu kemampuan Head Unit terlebih dulu lalu bandingkan dengan dana yang tersedia. Beberapa kemampuan Head Unit yang harus dijadikan pertimbangan mengenai perlu tidaknya adalah DVD Playback, TV Receiver, gaming, fungsi GPS, Bluetooth, dan Internet.

Merek ternama juga patut menjadi pertimbangan dari segi dana dan kualitas. Semakin baik mereknya, biasanya semakin berkualitas dan semakin besar pula uang yang harus dikeluarkan. Cari tahu informasi mengenai merek, tipe, ukuran, ulasan, fitur, garansi, dan harga sebagai bahan pertimbangan.

Sudah tahu mana yang sesuai keinginan Anda dan keluarga? Jangan lupa perhatikan dahulu dua hal di atas. Jika sudah mendapatkan apa yang diinginkan, ingat bahwa pemasangan fitur sebaiknya dilakukan secara hati-hati oleh ahli yang memiliki reputasi. Hindari bengkel modifikasi yang ternyata merusak mobil kesayangan Anda, karena itu manfaatkan bengkel resmi Nissan.