Berbicara tentang perawatan mobi, salah satu omponen yang harus Anda perhatikan mengenai kebersihannya ialah jok mobil, terutama yang terbuat dari bahan kain. Terkadang mereka dalam keadaan sangat koto, banyak noda yang menempel di sana-sini bahkan memiliki bau yang tidak sedap.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena bekas makanan yang jatuh atau terkena tumpahan kuah makanan serta minuman. Jika kotoran dan bau ini tidak dibersihkan dalam waktu lama, maka kerusakan dan aroma ini akan bertahan dalam waktu lama pula. Padahal, ternyata Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk membersihkan jok mobil.Nah, berikut ini tips yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan jok mobil dengan mudah.

1. Periksa jenis bahan jok mobil Anda

Sangat penting untuk mengetahui jenis jok mobil Anda serta bahan apa yang dipakai karena mereka membutuhkan perlakuan yang berbeda sesuai jenis bahannya. Bahkan, setiap jenis bahan ini memerlukan cairan pembersih yang berbeda.

Dengan mengenali jenis bahan jok mobil Anda, maka Anda akan dengan mudah menemukan cara yang tepat untuk membersihkannya dari berbagai noda dan kotoran yang menempel.

2. Gunakan pembersih yang tepat

Ada banyak sekali jenis cairan pembersih yang di jual di supermarket. Anda dapat membeli pembersih yang sesuai setelah mengenali jenis jok yang Anda miliki. Cairan pembersih ini terdiri dari beberapa tingkatan.Pilihlah pembersih yang sesuai dengan bahan jok mobil Anda dan dengan aroma yang dapat mengurangi bau-bauan dari kotoran yang menempel pada jok.

3. Bersihkan noda tinta

Pernah mengalami jok mobil yang Anda sayangi terkena tinta? Jangan khawatir, hal itu bisa Anda atasi. Gunakanlah cairan pembersih yang memiliki kandungan alkohol. Oleskan kebagian di mana noda tinta berada. Kandungan alkohol yang dimiliki akan dapat membantu menghilangkan noda tinta tersebut.Atau jika Anda bingung dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol, maka Anda dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan noda tersebut.

Cara ini bahkan juga dapat Anda gunakan untuk pakaian atau celana yang terkena tinta.

4. Bersihkan noda minyak dan lemak

Satu lagi noda membandel yang mungkin sering menjadi permasalahan pada jok mobil Anda. Noda bekas minyak dan lemak ini ternyata mampu menimbulkan bau yang kurang sedap ditambah jika minyak tersebut merupakan bekas makanan. Maka ada satu cara yang dapat Anda lakukan ketika jok mobil Anda mengalami masalah tersebut.

Gunakan pengencer cat atau pembersih cat kuku. Oleskan pengencer ini ke bagian yang terkena lemak atau minyak dengan menggosoknya secara perlahan menggunakan kain. Setelah itu, taburkan garam ke atas noda tersebut dan diamkan semalaman.

Keesokannya, bersihkanlah bagian yang telah diberi garam dan Anda akan melihat hasil akhirnya, jok mobil kesayangan Anda kembali bersih seperti sedia kala. Biasanya cara pembersihan ini ditujukan kepada mobil dengan bahan jok kulit.